Home / Diet Sehat / Cara diet golongan darah O yang wajib kita ketahui

Cara diet golongan darah O yang wajib kita ketahui

Cara diet golongan darah O – Diet golongan darah O memang sedikit berbeda dengan diet golongan darah lainnya. Hal ini dikarenakan golongan darah O memiliki kerentanan yang berbeda terhadap beberapa penyakit. Hal ini pertama kali dikemukan oleh seorang ilmuwan bernama Dr. Peter J D’Adamo. Beliau menyatakan diet golongan darah O harus dilakukan dengan tepat agar terhindar dari resiko gangguan kesehatan yang terjadi karena cara diet yang salah.

Ada beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi saat diet, namun sebaliknya ada juga makanan yang akan sangat berbahaya dikonsumsi oleh golongan darah O saat diet. Jumlah keduanya seimbang, sehingga Anda harus benar-benar teliti untuk memilahnya. Golongan darah O memiliki sel darah merah dengan kandungan karbohidrat antigen yang tidak sama dengan golongan darah lainnya. Golongan darah O memiliki kandungan karbohidrat antigen tipe rhesus. Golongan darah O akan sangat baik jika banyak mengkonsumsi makanan berprotein tinggi pada saat diet. Maka Cara diet golongan darah O sangat teliti dan butuh perhatian khusus.

Cara diet golongan darah O

Ada beberapa karakteristik tubuh yang dimiliki golongan darah O, karakteristik tersebut diantaranya :

  1. Keadaan fisik yang kuat
  2. Kebanyakan memiliki masalah dengan berat badan, mereka cenderung memiliki berat badan yang terlalu berlebih atau bahkan sangat kurang.
  3. Lebih mudah merasa kelelahan
  4. Memiliki resiko kolesterol dan tekanan darah yang tinggi
  5. Memiliki gangguan pada lambung karena kadar asam lambung yang tinggi
  6. Memiliki masalah dalam sistem pencernaan
  7. Sistem imun yang kuat
  8. Tidak mudah beradaptasi dengan makanan dan lingkungan baru
  9. Sangat rentan terhadap resiko peradangan seperti radang sendi
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Cara dan Tips Diet Tanpa Nasi Putih yang mudah dilakukan

Golongan darah O merupakan tipe golongan darah yang paling tua. Sejak zaman nenek moyang manusia berburu makanan dari hewan atau binatang laut. Oleh karena itu golongan darah O merupakan tipe golongan darah yang paling menyukai hewan laut. Menurut Dr. D’Adamo golongan darah O memiliki sistem pencernaan yang sangat baik. Tentunya hal ini berbeda dengan karakteristik yang sudah dijelaskan diatas. Menurutnya sistem pencernaan golongan darah O akan sangat baik terutama ketika mencerna protein hewani yang berasal dari laut.

Oleh karena itu, menurut Dr. D’Adamo cara diet golongan darah O yang paling tepat adalah dengan banyak mengkonsumsi protein hewani laut seperti ikan dan jenis seafood lainnya.

Golongan darah O sebaiknya sedikit mengurangi konsumsi susu, karena dapat menyebabkan resiko terkena penyakit jantung dikemudian hari. Jika ingin mengkonsumsi susu, maka pilihlah susu rendah lemak atau susu kedelai.

Menu diet yang tepat bagi golongan darah O

Golongan darah O akan sangat baik jika mengkonsumsi makanan dari alam  yang memiliki efek obat-obatan. Seperti misalnya kacang, kunyit, rumput laut, cherry, waluh, brokoli dan jahe. Orang dengan golongan darah O sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi olahan makanan yang berasal dari gandum. Berikut adalah menu makanan yang tepat bagi golongan darah O.

  1. Saat sarapan konsumsilah satu butir telur rebus, satu iris roti bakar,satu gelas jus ceri dan satu gelas air jeruk. Jangan lupa juga untuk meminum 1 gelas air putih setelahnya. Atau bisa juga dengan mengkonsumsi satu mangkuk sereal, satu atau dua iris roti bakar, satu mangkuk buah beri dan satu gelas air jeruk.
  2. Saat lunch atau makan siang, konsumsilah empat hingga lima gram ayam panggang, satu mangkuk salad dengan dilumuri minyak zaitun, satu potong buah apel dan satu cangkir teh hijau. Komposisi menu lainnya yang dapat dikonsumsi saat lunch adalah empat gram ikan salmon yang dipanggang, satu mangkuk salad berisi sawi putih, tauge, selada yang dilumuri minyak zaitun, buah plum dan satu cangkir teh hijau.
  3. Untuk makan malam cukup konsumsi satu potong ikan salmon ukuran sedang, satu cangkir kubis yang dikukus dan satu mangkuk salad yang terdiri dari tauge, mentimun dan kacang polong.
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Agar Ginjal Sehat, Jauhi Kebiasaan Ini!

Namun Cara diet golongan darah O akan tetap tidak membuahkan hasil yang maksimal jika tidak diimbangi dengan berolahraga. Pada intinya cara diet yang digunakan oleh golongan darah O sama saja dengan golongan darah lainnya hanya saja komposisi makanan yang boleh dikonsumsi sedikit berbeda. Lakukanlah olahraga secara rutin agar diet yang dilakukan memberikan hasil yang maksimal. Namun jangan memaksakan diri untuk melakukan olahraga cardio berat. Karena saat diet jumlah energi yang dimiliki akan sedikit berkurang karena terbatasnya jumlah dan jenis asupan makanan yang boleh dikonsumsi. Oleh karena itu, cukup lakukan olahraga ringan yang tidak terlalu memforsir energi dan fisik. Jika perlu gunakanlah personal trainer yang akan membantu Anda untuk mengatur porsi olahraga secara tepat.

Jenis makanan yang harus dihindari saat diet

Seperti telah dijelaskan diatas, golongan darah O memiliki resiko terhadap beberapa jenis makanan yang dikonsumsi saat diet. Makan tersebut dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan jika dikonsumsi saat diet. Makanan tersebut diantaranya sebagai berikut :

  1. Buah-buahan yang harus dihindari golongan darah O saat diet adalah kelapa, stroberi, beri hitam, jeruk, blewah, alpukat dan pisang raja.
  2. Jamur, terong, kentang dan kembang kol merupakan jenis sayuran yang sebaiknya dihindari oleh Golongan darah O pada saat diet.
  3. Kacang merah dan kacang buncis.
  4. Jenis daging yang harus dihindari saat diet adalah gurita, babi hutan, ikan lele dan angsa. Untuk diet jenis daging yang diperbolehkan untuk dikonsumsi harus dimasak dengan cara dipanggang atau dikukus. Jumlahnya pun tidak boleh dari 6 gram. Jumlah daging yang paling tepat untuk dikonsumsi adalah sebanyak 4 gram.

Perlu diingat bahwa belum ada penelitian kesehatan yang menunjukkan bahwa jenis dan cara diet ini adalah jenis diet yang paling tepat oleh golongan darah O. Oleh karena itu, dalam melakukannya sebaiknya Anda melakukan konsultasi kepada dokter agar menyesuaikan dengan kondisi tubuh dan kesehatan Anda. Namun memang, beberapa orang sudah menerapkan dan sudah berhasil menurunkan berat badannya hingga menjadi berat badan yang ideal.

Kondisi fisik setiap orang berbeda dan tidak dapat disamaratakan. Anda harus menyesuaikan semua hal yang dilakukan dengan kondisi fisik Anda sendiri.

Memiliki berat badan yang berlebih memang tidak menyenangkan. Tubuh menjadi susah bergerak dan penampilan menjadi tidak maksimal. Melakukan diet adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan yang berlebih. Namun janganlah melakukan diet yang terlalu ekstrim demi keinginan memiliki bentuk tubuh yang ideal. Diet ekstrim akan memberikan dampak yang tidak baik bagi kesehatan. Sebaiknya sejak sekarang, mulailah untuk selalu mengontrol berat badan dengan menjaga asupan makanan yang masuk. Hindari mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak tinggi secara berlebihan. Rutinlah untuk berolahraga minimal satu minggu sekali untuk membakar lemak yang telah menumpuk. Jika upaya menjaga berat badan tidak berhasil, barulah lakukan Cara diet golongan darah O.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Cara Diet Sehat Pasca Melahirkan Secara Alami Tanpa Obat

Check Also

Cara Diet Yang Benar Dan Sehat

Cara Diet Yang Benar Dan Sehat Yang Harus Anda Ketahui

Cara Diet Yang Benar Dan Sehat Cara Diet Yang Benar dan sehat adalah cara diet …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *