Home / Pengobatan Alami / Cara Alami untuk Mengobati Pusing dengan Cepat

Cara Alami untuk Mengobati Pusing dengan Cepat

Cara Alami untuk Mengobati Pusing dengan Cepat

Cara Alami untuk Mengobati Pusing dengan Cepat
Cara Alami untuk Mengobati Pusing dengan Cepat

Cara Alami untuk Mengobati Pusing dengan Cepat – Pusing adalah sesuatu yang sering kita alami. Pusing biasanya mengakibatkan perasaan pusing, goyah atau kehilangan keseimbangan dan bisa menyebabkan pingsan. Pusing dengan perasaan berputar disebut sebagai vertigo.

Pusing bukan penyakit. Ini adalah tanda gejala dari kondisi lain seperti tekanan darah rendah, penyakit otot jantung, gangguan neurologis, anemia, alergi, hipoglikemia (gula darah rendah), tinnitus, infeksi telinga, sengatan panas, gangguan penglihatan, migrain, gangguan kecemasan, dan kepala. cedera.

Bisa juga karena dehidrasi, mabuk, stres, olahraga berlebihan, perubahan hormonal dalam tubuh, dan efek samping dari pengobatan.

Pusing bisa disertai gejala seperti rasa gerak yang salah, perubahan penglihatan, bintik buta, sakit kepala, dan denyut nadi lambat atau tidak teratur.

Terkadang pusing juga menyebabkan suara bising di telinga, nyeri dada, kelemahan, mual, muntah, pucat, atau kehilangan kesadaran.

Jika pusing yang Anda alami tidak terlalu sering, Anda bisa mencoba beberapa obat alami untuk mengatasi masalah ini. Namun, jika gejala terus berlanjut atau terjadi lebih sering, berkonsultasilah dengan dokter untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat. Berikut ini Cara Alami untuk Mengobati Pusing dengan Cepat.

Pengobatan rumah untuk pusing

Berikut adalah 10 Cara Alami untuk Mengobati Pusing dengan Cepat :

  1. Deep Breathing

Pernapasan dalam adalah salah satu cara terbaik mengatasi pusing. Ini akan membantu memberikan jumlah oksigen yang cukup ke otak, yang bermanfaat mengendurkan sistem saraf dan mengurangi pusing.

  • Duduk atau berbaring dalam posisi yang nyaman.
  • Tempatkan satu tangan di perut Anda, letakkan ibu jari tangan Anda yang lain pada satu lubang hidung dan tutup mulut Anda.
  • Tarik napas perlahan melalui lubang hidung terbuka dan cobalah mengisi perut Anda dengan udara.
  • Tahan napas, tutup kedua lubang hidung dan tutup mulut Anda.
  • Setelah 2 sampai 3 detik, hembuskan napas perlahan dan cobalah mengeluarkan udara dari perut Anda.
  • Ulangi langkah ini sebanyak 10 kali.
  • Kemudian, duduk diam selama 5 menit dan bernapaslah normal agar tidak pusing lagi.
  1. Minum Air
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Ini Manfaat Konsumsi Minyak Zaitun Secara Rutin Bagi Kesehatan Tubuh

Dehidrasi adalah penyebab umum pusing. Hal ini bisa jadi karena tidak minum air dalam waktu lama atau gagal untuk mengonservasi kembali tubuh Anda selama dan setelah berolahraga. Dehidrasi juga bisa diakibatkan dari muntah atau diare yang menyebabkan kehilangan cairan yang berlebihan.

  • Bila Anda merasa pusing, cobalah minum segelas air putih. Untuk menjaga dehidrasi dan pusing, minumlah cukup banyak air sepanjang hari.
  • Anda juga bisa mencoba minum teh herbal dengan sedikit madu, sup dan kaldu, atau jus buah.
  1. Makan Sesuatu

Pusing bisa disebabkan karena kadar gula darah rendah, terutama bagi penderita diabetes. Selain itu, kelaparan bisa membuat Anda lebih rentan terhadap pusing. Jadi, saat pusing masuk, coba makan sesuatu. Sebaiknya hindari untuk tetap lapar dalam jangka waktu lama jika Anda cenderung pusing.

  • Makanlah makanan ringan yang tinggi karbohidrat atau gula seperti coklat atau pisang.
  • Setiap buah yang kadar airnya tinggi dapat melakukan pengobatannya.
  • Semangkuk yogurt dengan buah merupakan pilihan bagus lainnya.
  • Sejumlah kacang panggang seperti kacang mete, kacang almond atau kenari juga bisa bekerja.
  1. Jahe

Jahe adalah obat yang teruji waktu untuk pusing dan mual yang sering menyertainya. Ini merangsang aliran darah ke otak dan bagian tubuh lainnya, yang membantu mengurangi intensitas pusing.

  • Mengunyah sepotong kecil akar jahe segar atau mengisap permen jahe untuk mengatasi pusing.
  • Minuman jahe atau teh jahe beberapa kali sehari akan membantu mencegah pusing.
  • Pilihan lainnya adalah mengkonsumsi suplemen jahe setelah berkonsultasi dengan dokter Anda untuk dosis yang sesuai.
  1. Lemon

Obat lain yang sangat baik untuk pusing adalah lemon. Vitamin C dalam lemon meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan penyakit. Selain itu, beberapa nutrisi lain dalam lemon menjadikannya sebagai agen energi alami. Dengan cepat dapat menghidrasi tubuh agar Anda merasa berenergi dan segar.

  • Peras jus ½ lemon ke dalam segelas air. Campur dalam 2 sendok teh gula. Minumlah untuk mendapatkan bantuan mengtasi pusing.
  • Pilihan lainnya adalah menambahkan 1 sendok makan jus lemon, sejumput bubuk lada hitam dan garam ke segelas air. Minumlah 3 kali sehari, sesuai kebutuhan.
  1. Madu
Referensi Hidup Sehat Lainnya
13 Makanan yang Bisa Membersihkan Organ Paru-Paru

Karena gula alami dalam madu, bisa langsung meningkatkan tingkat energi Anda dan mencegah pusing. Apalagi madu bisa mencegah gula darah rendah, salah satu penyebab pusing umum.

  • Campur 2 sendok teh masing-masing madu dan cuka sari apel mentah dengan segelas air dingin atau panas. Minumlah 2 kali sehari.
  • Sebagai alternatif, campurkan 1 sendok makan madu dan jus lemon ke dalam segelas air hangat. Minumlah untuk mengobati pusing yang Anda alami.
  • Pilihan lainnya adalah mencampur satu sendok teh madu dan bubuk kayu manis dan satu kali sehari di pagi hari selama beberapa minggu.
  1. Ginkgo Biloba
ginkgo biloba
ginkgo biloba

Ramuan ginkgo biloba adalah obat rumah yang efektif untuk pusing. Ini membantu memperbaiki aliran darah ke otak untuk menghentikan atau mencegah pusing. Apalagi ramuan ini membantu dalam merawat tinnitus , yang juga bisa menyebabkan pusing.

Ramuan ini sudah tersedia di pasaran dalam bentuk tablet, ekstrak cair dan daun kering. Dosis standar adalah 120 sampai 150 mg ekstrak gingko biloba, dalam 3 dosis terbagi setiap hari selama beberapa bulan.

Catatan: Ginkgo biloba dapat berinteraksi dengan obat tertentu. Konsultasikan dengan dokter sebelum mengkonsumsi suplemen ini.

  1. Makan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat dapat membantu mencegah pusing dengan menghilangkan banyak kondisi yang berkontribusi terhadapnya. Anda bisa mencegah pusing yang disebabkan karena anemia, tekanan darah rendah dan gula darah rendah dengan mengonsumsi makanan tinggi zat besi, vitamin A, asam folat dan serat. Selain itu, pilihlah makanan yang rendah gula dan lemak.

  • Makan makanan kaya zat besi seperti hati, tahu, bayam, kacang almond, kurma, kacang lentil, sereal sarapan yang diperkaya dan asparagus. Anda dapat memilih untuk mengambil suplemen zat besi, setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.
  • Sertakan makanan kaya vitamin C dalam makanan Anda, seperti jeruk, lemon, paprika, brokoli, grapefruit dan bayam. Anda bisa memilih suplemen vitamin C setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.
  • Selain itu, makanlah makanan yang kaya akan asam folat seperti sayuran berdaun hijau, hati, kecambah, sereal yang diperkaya, kacang tanah, pisang dan brokoli.
  • Hindari minuman yang menghalangi zat besi seperti kopi, bir dan anggur.
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Obat Tradisional Darah Tinggi yang mudah didapat di sekitar kita

Makan makanan kecil beberapa kali dalam sehari dan jangan lewatkan makan, apalagi sarapan pagi.

Check Also

Cara Mengatasi Gigi Ngilu

9 Cara Mengatasi Gigi Ngilu dengan Cepat Dan Aman

Cara Mengatasi Gigi Ngilu dengan Cepat Dan Aman – Salah satu masalah mulut yang sering …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *