Home / Diet Sehat / Betulkah Green Coffee dapat Menurunkan Berat Badan ?

Betulkah Green Coffee dapat Menurunkan Berat Badan ?

Green Coffee dapat Menurunkan Berat Badan – Tentunya kita sudah sangat mengenal yang namanya kopi. Kopi merupakan salah satu komuditas terbesar di Indonesia.  Maka tak heran dengan kebiasaan orang Indonesia mengkonsumsi kopi. Mulai dari atasan sampai bawahan, tukang becak juga si boss. Bisa pahit getir atau manis dengan es. Kopi tetap kopi. Beda orang beda juga selera kopinya.

Betulkah Green Coffee dapat Menurunkan Berat Badan

Betulkah Green Coffee dapat Menurunkan Berat Badan ?

Banyak sekali perbedaan pendapat terkait khasiat mengkonsumsi kopi itu sendiri. Baru-baru ini banyak sekali bermunculan dengan adanya green coffe. Dimana kopi ini diyakini dapat menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan bahwa green coffe dapat membakar lemak didalam tubuh dengan instan. Tentunya ini yang menjadi iming-iming beberapa orang memilih untuk mengkonsumsi green coffe. Ditambah lagi dengan informasi bahwa proses pembakaran lemak tersebut terjadi tanpa kita perlu melakukan olahraga atau mengatur makanan kita. Cukup menggiurkan bukan? Apalagi untuk masyarakat yang malas bergerak atau memiliki waktu yang sedikit. Tapi apakah benar green coffe dapat menurunkan berat badan atau khasiat ini hanya omong kosong? Mari kita lihat penjelasan berikut.

Green coffe sendiri merupakan kopi yang belum masuk proses roasting atau pemanggangan/disangrai. Sehingga biji kopi ini masih dalam keadaan fresh. Yang harus kalian tahu pada saat kopi masuk dalam proses roasting, menyebabkan kopi akan berubah warna menjadi hitam dan tidak fresh lagi. Hal inilah menyebabkan kopi yang telah disangrai memiliki kandungan asam klorogenik yang lebih rendah daripada green coffe. Dimana kandungan asam klorogenik ini yang dapat menyebabkan berat badan kita akan menurun. Maka dapat disimpulkan bahwa green coffe lebih efektif dan dapat menjadi pilihan untuk para pecinta kopi yang ingin menurunkan berat badan. Dengan kata lain Green Coffee dapat Menurunkan Berat Badan.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
15 Cara Mengecilkan Perut Buncit secara Alami Untuk Laki-Laki

Lalu? Apa itu asam klorogenik? Mari kita bahas.

Asam klorogenik merupakan kandungan yang terdapat dalam setiap kopi. Menurut seorang ahli gizi yang bernama Jansen Ongko, MSc, RD mengungkapkan bahwa green coffe memiliki manfaat lain, contohnya pada penderita diabetes yaitu keadaan ketika kadar gula dalam darah menjadi tinggi. Green coffe dikatakan baik untuk penderita diabetes karena kandungan asam klorogenik yang terkandung di dalam green coffe dapat memperlambat penyerapan glukosa dalam tubuh sehingga glukosa yang terserap tubuh dalam kadar yang rendah. Energi yang kita dapat diperoleh dari glukosa. Apabila glukosa dalam tubuh cukup dan tidak berlebih maka tubuh tidak akan membentuk lemak, namun apabila terdapat glukosa ekstra di dalam tubuh maka akan diubah menjadi lemak oleh hati, lemak inilah yang nantinya akan menjadi lemak tubuh. Hal tersebut akan terjadi apabila proses metabolisme glukosa untuk mengubah menjadi glikogen sudah terpenuhi.

Kita tahu bahwa pada penderita diabetes, terjadi gangguan pada sekresi insulin atau gangguan kerja insulin atau bisa keduanya. Asam klorogenik sendiri dapat merangsang pembentukan insulin, sehingga insulin didalam tubuh akan meningkat yang akhirnya nanti jika kebutuhan insuin terpenuhi, dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Tidak hanya itu, penelitian lain juga menyebutkan bahwa kandungan asam klorogenik dapat meningkatkan proses pengeluaran hasil dari metabolisme hati dan dapat menghambat penyerapan lemak di dalam tubuh.

Penelitian ini pernah dilakukan dan diterbitkan dalam BMC Complementary and Alternative Medicine yang diuji pada tikus. Perlakuan yang diberikan pada tikus adalah dengan memberikan ekstrak dari biji kopi hijau tersebut untuk melihat berapa banyak lemak yang dihambat serta berapa berat badan tikus yang hilang. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa ekstrak biji kopi hijau tersebut dapat mengurangi kandungan lemak visceral didalam tubuh. Penelitian serupa juga pernah dilakukan dan dikutip dari WebMD menyatakan bahwa green coffe yang telah diekstrak dan dibentuk menjadi suplemen dapat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Daftar Makanan Rendah Kalori untuk Tubuh Langsing

Apa manfaat lain dari green  coffe?

Green Coffee dapat Menurunkan Berat Badan, akan tetapi ternyata bukan hanya itu manfaatnya. Tidak hanya untuk menurunkan berat badan serta aman untuk penderita diabetes. Ternyata green coffe ini juga baik digunakan untuk orang yang memiliki tekanan darah tinggi. Tentunya kita tahu apabila seseorang memiliki tekanan darah tinggi dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi kopi hitam terlalu banyak. Hal ini dikarenakan dapat meningkatkan kerja jantung sehingga dapat memperparah kondisi tekanan darah tinggi yang dialaminya. Hal tersebut sudah pernah dilakukan penelitian yang mana melibatkan kurang lebih 100 orang yang memiliki masalah dalam darah tinggi dan sangat sering mengkonsumsi kopi. Mereka dibagi menjadi dua kelompok, dimana satu kelompok tersebut diberikan ektrak green coffe dan kelompok satunya diberikan plasebo selama 28 hari.  Hasilnya cukup menakjubkan pada kurang lebih 100 orang tersebut. Kelompok yang mengkonsumsi ektrak green coffe mengalami penurunan tekanan  darah tinggi yang signifikan. Sedangkan yang mendapatkan plasebo tidak mengalami penurunan tekanan darah tinggi yang berarti. Dari sini bisa disimpulkan bahwa green coffe tersebut sangat aman digunakan untuk orang yang memiliki tekanan darah tinggi.



Manfaat lainnya adalah menjaga kesehatan kardiovaskular. Asam klorogenik yang terkandung didalam green coffe akan menunrunkan kadar homosistein didalam tubuh. Kadar homosistein didalam tubuh yang tinggi merupakan penyebab terjadinya gangguan pada jantung/ kardiovaskular. Tidak hanya itu, green coffe tersebut ternyata juga dapat menjaga kesehatan jantung secara optimal dengan cara dalam proses penghambatan lipid dan degradasi LDL yang biasa disebut lemak jahat.

Check Also

Cara diet golongan darah O

Cara diet golongan darah O yang wajib kita ketahui

Cara diet golongan darah O – Diet golongan darah O memang sedikit berbeda dengan diet …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *