Home / Pengobatan Alami / Beragam Manfaat Daun Tapak Liman Bagi Kesehatan

Beragam Manfaat Daun Tapak Liman Bagi Kesehatan

Beragam Manfaat Daun Tapak Liman Bagi Kesehatan – Tanaman tapak liman merupakan jenis tanaman rindang yang biasanya akan tumbuh di tepi sungai, kebun dan pekarangan kosong yang tidak jauh dari sumber mata air. Sebenarnya tanaman tapak liman berasal dari negara Amerika dan menyebar ke berbagai negara beriklim tropis seperti di Indonesia. Daun tapak liman memiliki bentuk memanjang dengan ukuran sedang. Daun tapak liman akan tumbuh menempel di tanah, dan dari bagian tengah daun inilah yang akan ditumbuhi sebuah batang yang akan menjadi tangkai untuk bagian bunganya. Pada bagian tangkai terdapat bulu halus yang menjadi ciri khas dari tanaman ini. Makanya kita harus tahu Manfaat Daun Tapak Liman Bagi Kesehatan, agar nanti jika menemukan daun ini sebaliknya harus kita budidayakan.

Didalam daun tapak liman terdapat kandungan zat yang berguna untuk membantu memelihara kesehatan tubuh manusia. Karena itulah jika kita menjumpai tanaman tapak liman diladang atau di pekarangan rumah kita, janganlah membuangnya. Sebab daun tapak liman dapat dimanfaatkan untuk dijadikan bahan obat alami untuk mengatasi macam-macam penyakit.

Dan inilah informasi lengkap mengenai Manfaat Daun Tapak Liman Bagi Kesehatan.

Manfaat Daun Tapak Liman Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Tapak Liman Untuk Kesehatan.

  1. Mengatasi Nyeri Haid.

Setiap wanita pasti pernah merasakan nyeri yang tidak tertahankan disaat menjelang menstruasi. Nyeri haid memang wajar terjadi pada setiap wanita saat mendekati hari-hari menstruasi, akan tetapi nyeri yang ditimbulkan dari haid ini, terkadang membuat banyak wanita tersiksa dan sampai tak kuat menahannya. Bantu atasi nyeri haid dengan daun tapak liman. Kandungan yang ada didalamnya berkhasiat untuk meredakan nyeri saat haid, bekerja dengan menenangkan otot bagian bawah perut sehingga masalah kram perut di saat menstruasi dapat dihindari dan diatasi dengan baik.

  1. Mengobati Diare.
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Obat Tradisional Darah Tinggi yang mudah didapat di sekitar kita

Jangan menyepelekan gangguan pencernaan seperti diare ini, sebab jika diare tidak segera diatasi, akan membuat tubuh menjadi lemas karena kekurangan cairan. Saat tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, metabolisme tubuhpun akan terganggu dan akibatnya timbulah penyakit lain yang lebih serius. Untuk penanganan terhadap penyakit diare ini bisa dengan mengambil khasiat dari daun tapak liman. Daun ini dapat dikonsumsi dengan cara direbus dan diminum air rebusannya sampai diare dapat mereda dan disembuhkan.

  1. Mengatasi Diare Berdarah.

Karena terjadi suatu gangguan didalam sistem pencernaan, akan sangat memungkinkan terjadinya pendarahan saat buang air besar. Jangan tunggu sampai masalah ini bertambah parah, segeralah konsumsi air rebusan daun tapak liman yang akan berguna untuk membekukan darah sehingga pedarahan saat buang air besar dapat diredakan. Mengkonsumsi air rebusan daun tapak liman juga bermanfaat untuk melancarkan buang air besar.

  1. Mengobati Penyakit Hepatitis.

Penyakit hepatitis adalah penyakit yang akan menyerang organ hati kita, jika organ hati mengalami gangguan, tentunya organ lain dalam tubuh akan terkena imbasnya. Daun tapak liman memiliki khasiat sebagai obat alami untuk mengobati penyakit hepatitis ini. Dengan mengkonsumsinya secara teratur akan mencegah serangan kembali penyakit hepatitis ini.

  1. Membantu Mengatasi Masalah Anemia.

Anemia yang kita derita dapat membuat hari-hari kita menjadi kurang produktif. Pasalnya anemia akan membuat kita cepat merasa lelah, lemas dan lesu, sehingga tidak dapat melakukan aktivitas seperti biasaya. Atasi anemia atau kurang darah ini dengan daun tapak liman. Kandungan zat besi yang ada didalamnya mampu membantu tubuh untuk menghasilkan sel darah merah, yang akan berguna untuk pencegahan terjadinya anemia.

  1. Mengobati Penyakit Cacar Air.

Penyakit cacar air merupakan penyakit menular yang menimbulkan masalah bintik-bintik berisi cairan di sekujur tubuh. Salah satu khasiat daun tapak liman adalah dapat dijadikan obat herbal untuk membantu menyembuhkan cacar air tersebut. Dengan mengkonsumsi daun tapak liman secara teratur akan membuat cacar cepat mengering dan sembuh.

  1. Mengatasi Radang Usus dan Radang Tenggorokan.
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Obat Sakit Tenggorokan Yang Terbukti Ampuh dan Efektif

Daun tapak liman mempunyai sifat anti inflamasi yang bisa diandalkan oleh tubuh untuk mengatasi masalah peradangan. Bagian tubuh kita memang sangat rentan terhadap infeksi dan juga perangan yang diakibatkan oleh virus ataupun bakteri. Daun tapak liman yang kita konsumsi berguna untuk mengobati terjadinya masalah radang usus dan juga radang tenggorokan.

  1. Membantu Mengobati Masalah Keputihan.

Keputihan merupakan masalah yang terjadi pada organ intim wanita dan menjadi salah satu masalah yang paling banyak dikeluhkan oleh sebagian besar wanita. Keputihan sendiri terjadi karena bermacam-macam sebab, bisa karena ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh, atau karena kurangnya menjaga kebersihan organ intim sehingga sangat memungkinkan bagi jamur penyebab keputihan berkembang. Daun tapak liman memiliki khasiat untuk membantu mengatasi masalah keputihan dengan membasmi jamur penyebab keputihan.

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka.

Selanjutnya manfaat daun tapak liman untuk tubuh adalah mampu mempercepat proses penyembuhan luka. Kandungan yang ada di dalam daun tapak liman berguna untuk membekukan darah, sehingga saat terjadi luka pendarahan berat dapat segera ditangani. Tidak hanya itu, daun ini juga bisa membantu luka cepat mengering, sehingga akan membuat proses penyembuhan menjadi lebih singkat.

  1. Obat Batuk Alami.

Batuk yang kita derita dapat sangat bertahan lama, dan tentunya hal ini akan sangat mengganggu hari kita dalam bekerja. Terlebih lagi batuk dapat membuat tenggorokan kita terasa sangat gatal dan sakit. Daun tapak liman merupakan bahan alami yang dapat kita manfaatkan untuk mengobati batuk secara alami dan membantu mencairkan dahak sehingga dahak mudah untuk dikeluarkan.

Itulah beberapa Manfaat Daun Tapak Liman Bagi Kesehatan, dan yang pasti masih banyak lagi manfaat yang dapat kita peroleh dari daun tapak limak liman ini. Tak perlu obat mahal yang mungkin sulit untuk dijangkau oleh kita, cobalah dulu pengobatan alami, meskipun reaksinya tidak bisa secepat obat berbahan kimia, akan tetapi obat-obatan alami ini bebas dari efek samping yang berbahaya.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Cara Mengatasi Cegukan Secara Alami dan Efektif

Paling Banyak Dicari:

Check Also

Cara Alami untuk Mengobati Pusing dengan Cepat

Cara Alami untuk Mengobati Pusing dengan Cepat

Cara Alami untuk Mengobati Pusing dengan Cepat Cara Alami untuk Mengobati Pusing dengan Cepat – …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *