Home / Gaya Hidup Sehat / Beginilah 8 Cara Kafein Mempengaruhi Tubuh Anda

Beginilah 8 Cara Kafein Mempengaruhi Tubuh Anda

ReferensiKesehatan.Com, Beginilah 8 Cara Kafein Mempengaruhi Tubuh Anda – Apakah pagi anda dimulai dengan secangkir kopi yang hangat? Maka anda tidak sendirian! Faktanya, kafein yang terkandung di dalam minuman hitam manis ini merupakan stimulan sistem saraf yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, dan cenderung aman untuk dikonsumsi. Tetapi selain kopi, kafein juga bisa anda temukan di dalam makanan dan minuman lainnya seperti coklat, teh, soda pop, dan bahkan obat penghilang rasa sakit.

Kafein sendiri dapat membuat anda menjadi lebih waspada secara mental. Tetapi sayangnya bisa juga mengganggu tidur anda atau bahkan membuat anda merasa cemas dan gelisah, terutama terhadap beberapa orang yang dirasa memiliki sensitivitas tinggi terhadap kafein, atau ketika anda terlalu banyak mengkonsumsinya.

Tetapi di balik resiko dan efek sampingnya tersebut, anda juga bisa mendapatkan manfaat lainnya. Seperti yang sudah diteliti oleh University of Southern California Keck School of Medicine menyebutkan bahwa mengkonsumsi kopi telah dikaitkan dengan berkurangnya resiko kematian yang diakibatkan oleh penyakit jantung, kanker, stroke, diabetes, hingga penyakit pernafasan dan penyakit ginjal.

Jadi, bagaimanakah sebenarnya kafein mempengaruhi kesehatan anda secara keseluruhan? Lagi-lagi penelitian menunjukkan beberapa kemungkinan manfaat dan resikonya. Bagi orang dewasa normal yang sehat, mengkonsumsi kafein kurang dari 400 mg (kurang lebih sekitar 5 gelas kopi atau 10 cangkir teh) per hari tidak akan menimbulkan resiko kesehatan.

Cara Kafein Mempengaruhi Tubuh

Untuk lebih jelasnya, beginilah kafein mempengaruhi tubuh anda setiap harinya.

Kafein Meningkatkan Kinerja Fisik

Kafein telah dikenal sebagai pendorong kinerja tubuh anda. Tidak hanya efeknya yang dapat mengurangi rasa sakit dan kelelahan setelah berolahraga, tetapi juga dipercaya mampu membantu otot-otot anda untuk membakar lemak dan digunakan sebagai sumber energi.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Tips Agar Selalu Merasa Segar Dan Bugar di Pagi Hari

Faktanya, dalam sebuah penelitian kecil yang melibatkan para pesepeda dan diberikan suplemem kafein menunjukkan beberapa keuntungan. Mereka mampu mengayuh lebih lama dan lebih cepat dibandingkan dengan para pesepeda yang tanpa mengkonsumsi kafein.

Membantu Otak Anda Bereaksi

Kekurangan kafein bisa membuat anda merasa ngantuk dan tersendat-sendat dalam mengerjakan tugas yang menumpuk. Faktanya, sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa penggunaan 300 mg kafein dapat meningkatkan perhatian, waktu reaksi, dan kewaspadaan seseorang. Artinya, anda cenderung akan lebih dapat bertahan terhadap berbagai macam tugas-tugas yang panjang, menumpuk, serta membosankan.

Kafein juga bisa membantu otak anda dalam menyelesaikan sebuah permasalahan dan membuat keputusan tepat terhadap beberapa pilihan yang diberikan kepada anda.

Dapat Mengurangi Rasa Sakit, atau Malah Memicunya

Apakah anda pernah melihat obat sakit kepala yang dijual di warung-warung terdekat yang menyertakan kafein di dalamnya? Kandungan tersebut bukanlah kebetulan semata tentunya. Karena faktanya kafein memang dapat membantu meredakan migrain dan sakit kepala tegang dengan cara menyempitkan pembuluh darah yang membengkak di otak anda.

Itulah kenapa obat-obatan sakit kepala seringkali menambahkan kafein ke dalamnya yang mana mampu meningkatkan keefektifan obat-obatan tersebut hingga 40%.

Namun sayangnya, jika anda terlalu banyak menggunakannya, maka anda akan mendapatkan efek sebaliknya. Anda akan cenderung merasa ketergantungan dan saat tubuh anda merasa kekurangan kafein, maka akan memicu sakit kepala. Hal ini karena tanpa obat-obatan yang mengandung kafein, maka pembuluh darah anda akan membengkak kembali. Jadi, jika anda merupakan seorang peminum kopi berat, maka wajar saja kalau anda akan terserang sakit kepala saat tidak meminumnya meskipun hanya sehari.

Untuk Sebagian Orang, Kafein Juga Dapat Menimbulkan Resiko Penyakit Jantung

Kafein sangatlah tidak direkomendasikan bagi mereka yang tengah menderita penyakit jantung karena bisa menginduksi detak jantung yang abnormal dan cepat, terutama pada dosis tinggi. Tetapi bagaimanakah efeknya terhadap orang sehat?

Referensi Hidup Sehat Lainnya
12 Cara Menghilangkan Jerawat Batu dengan Cepat dan Ampuh

Sayangnya, bukti mengenai kafein terhadap efek kardiovaskular sangatlah beragam dan belumlah lengkap, dimana diantaranya masih banyak pertanyaan-pertanyaan yang belum terjawab. Tetapi para peneliti telah menduga bahwa terdapat beberapa orang secara genetik memang sudah rentan terhadap efek kafein dan bisa menimbulkan resiko penyakit jantung.

Anak-anak kemungkinan lebih rentan terkena efek tersebut, terutama saat mereka mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang sangat tinggi. Bahkan terdapat kejadian dimana seorang remaja tiba-tiba jantungnya berhenti secara mendadak dan meninggal setelah mengkonsumsi kafein (sumber: https://www.independent.co.uk/news/world/americas/teenager-caffeine-drinking-too-much-davis-cripe-mountain-dew-mcdonald-a-latte-energy-drink-south-a7737926.html).

The American Medical Association kemudian mendukung larangan pemasaran minuman berkafein tinggi kepada siapa saja yang berusia di bawah 18 tahun, dan bahkan American Academy of Pediatrics menekankan bahwa minuman berenergi tidak boleh dikonsumsi oleh anak-anak dan balita.

Terdapat Resiko Kemungkinan Merusak Tulang

Selain terhadap jantung, anda juga harus berhati-hati bahwa kafein bisa saja mengurangi penyerapan kalsium. Penelitian bahkan menemukan adanya hubungan antara kafein dan keropos tulang untuk beberapa orang yang mengkonsumsinya.

Tetapi selama anda mendapatkan cukup kalsium di dalam pola makan anda dan menjalani gaya hidup yang sehat, maka resiko kesehatan tulang anda tersebut bisa diminimalisir meskipun anda mengkonsumsi kafein hingga 400 mg dalam sehari. Bahkan hingga artikel ini dibuat, tidak ada kasus atau bukti yang kuat bahwa kafein dapat merusak tulang diantara orang dewasa sehat dengan asupan kalsium yang cukup.

Beberapa Orang Mengalami Gangguan Perut

Meskipun kafein tidak akan menyebabkan anda mengalami sakit maag, tetapi para ahli menyarankan anda untuk menghindarinya jika anda tengah menderita penyakit tersebut. Hal ini karena kopi atau minuman berkafein lainnya dapat memicu produksi asam lambung yang dapat memperparah kondisi sakit maag anda.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Cara Menjaga Kesehatan Ginjal agar fungsinya selalu optimal

Sama halnya dengan asam lambung atau GERD, kafein benar-benar tidak akan menyebabkan anda terkena penyakit tersebut. Bahkan menurut American College of Gastroenterology mengatakan bahwa dengan berhenti mengkonsumsi kafein tidak berarti anda akan mengurangi gejala dari GERD tersebut. Tetapi tetap saja anda harus menghindarinya ketika menderita gangguan perut jenis apapun demi menghindari kemungkinan yang tidak diinginkan.

Meningkatkan Gula Darah

Mengkonsumsi kopi memang cenderung mampu mengurangi resiko anda mengembangkan diabetes tipe-2. Tetapi sayangnya jika anda telah memiliki penyakit tersebut, maka ada baiknya anda mulai berhati-hati dalam mengkonsumsinya. Nyatanya, kafein dapat menaikkan kadar gula darah dan mengganggu sensitivitas insulin, sehingga akan semakin sulit bagi anda dalam mengontrol penyakit diabetes tersebut.

Para periset dari Duke University Medical Center yang mempelajari efek kafein terhadap orang-orang yang menderita diabetes tipe-2 juga menduga bahwa kafein dapat mengganggu metabolisme gula atau malah memicu pelepasan adrenalin, yang mana dikenal juga sebagai penyebab meningkatnya kadar gula darah di dalam tubuh anda.

Dapat Melewati Plasenta Saat Anda Hamil

Sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi kafein bagi anda yang tengah berada pada masa kehamilan. Kafein dapat meningkatkan detak jantung dan tekanan darah anda, serta meningkatkan frequensi anda buang air kecil, sehingga anda beresiko terkena dehidrasi. Terlebih lagi, stimulan ini bisa melewati plasenta yang dapat mempengaruhi pergerakan dan pola tidur bayi yang tengah anda kandung.

Check Also

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan Secara Tradisional Tanpa Obat

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan Secara Tradisional Tanpa Obat

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan Secara Tradisional – Telat datang bulan atau menstruasi merupakan siklus …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *