Home / Gaya Hidup Sehat / Bahaya Kolesterol yang wajib kita ketahui

Bahaya Kolesterol yang wajib kita ketahui

Kolesterol merupakan salah satu dari tiga penyakit terbesar di Indonesia. Kurangnya pemahaman terkait Bahaya Kolesterol dan pemicunya menyebabkan panyakit ini semakin menyebar dan memperparah kondisi kolesterol seseorang.

[artikel number=4 tag=”kolesterol,hipertensi,penyakit-jantung”]

Berdasarkan laporan Badan Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2002, Kolesterol merupakan penyakit yang menyebabkan kematian dari 4,4 juta diseluruh dunia. Dimana resiko terkena penyakit Kolesterol ini didominasi oleh wanita, yaitu sebanyak 37% dibandingkan pria yang hanya 33%. Untuk lebih mengerti dan memahami apa yang dimaksud dengan Kolesterol lebih dalam mari kita simak penjelasan dibawah ini.

Bahaya Kolesterol

Bahaya Kolesterol yang wajib kita ketahui

Kolesterol kita ketahui adalah suatu zat lemak yang berkumpul di dalam darah, lemak itu berwarna kekuningan sepeti pada daging sapi, berupa seperti lilin. Lemak diproduksi oleh hati dan diperlukan oleh tubuh secara alami lemak terbentuk. Kolesterol merupakan zat yang komplek dan dihasilkan oleh tubuh dengan berbagai fungsi, antara lain untuk membuat hormon seks meningkat, hormon korteks adrenal sebagai adrenalin, vitamin D, dan juga untuk membuat garam empedu di dalam usus untuk menyerap lemak. Secara keseluruhan fungsi Kolesterol untuk tubuh sebagai berikut.

  1. Memberikan energi
  2. Sebagai pelindung otak, 11 % dari berat otak adalah kolesterol.
  3. Merupakan bahan pokok untuk pembuatan garam empedu yang diperlukan untuk pencernaan makanan.
  4. Membantu dalam pertumbuhan dan pematangan sel.
  5. Melindungi organ-organ dalam tubuh
  6. Membantu penyerapan nutrisi dan produksi hormon.
  7. Membawa lemak keseluruh tubuh melalui peredaran darah.

Kolesterol terbagi menjadi dua kelompok, LDL (low-density lipoproteins) dan HDL (high-density lipoproteins). HDL inilah yang biasa kita kenal dengan lemak jahat. Lemak jahat yang dimaksud adalah lemak yang mengendap di dinding pembuluh arteri sehingga pembuluh arteri akan tertutup sehingga menyebapkan darah tidak disalurkan secara optimal dan pembuluh darah akan bersifat kaku dan tidak elastis. Apabila kadar lemak dalam darah akan semakin meninggi maka akan menyebapkan penumpukan lemak dalam darah atau biasa disebut dengan atherosklerosis. Ke tidak elastisan inilah yang menyebapkan kandungan lemak dalam darah akan tinggi atau dalam dunia medis disebut hiperkolesterolemia. Jumlah Kolesterol normal didalam tubuh adalah kurang dari 200mg/dL.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Jenis Penyakit yang Saling Berhubungan Dengan Masing-Masing Organ Tubuh Kita

Adapun penyebab terjadinya hiperkolesterolemia ini dapat dikelompokan menjadi dua bagian, diantaranya adalah faktor primer dan faktor sekunder.

Faktor primer

Kolesterol termasuk penyakit turunan atau dapat diturunkan. Menurut beberapa penelitian menunjukan bahwa keturunan dari orang yang terkena penyakit koletserol 40% lebih berpotensi.

  1. Usia

Usia juga menjadi faktor yang berpengaruh terjadinyan Kolesterol. Usia diatas 40 tahun kemampuan fungsi tubuh seperti keelastisan pembuluh darah akan menurun. Sehingga pada usia 40 tahun keatas akan sangat rentan terkena Kolesterol.

  1. Kelamin

Perbedaan hormon antara wanita dan pria juga menjadi faktor penyebab terjadinya Kolesterol. Dimana wanita akan lebih mudah terkena Kolesterol dari pada pria.

Faktor sekunder

  1. Kebiasaan diet lemak jenuh/ pola makan.

Pola makan yang tidak sehat juga menjadi faktor terbesar seseorang akan terkena Bahaya Kolesterol. Banyak sekali makanan yang tanpa kita sadari dan menurut kita aman ternyata mengandung Kolesterol tinggi. Berikut adalah tabel makanan yang pernah diteliti oleh salah satu rumah sakit di Singapore.

Tentunya bukan lantas kita tidak mengkonsumsi sama sekali, tapi alangkah baiknya kita menghindari makana-makanan yang mengandung Kolesterol tinggi. Mari budayakan hidup sehat dari sekarang.

  1. Aktivitas sehari-hari

Kurangnya berolahraga dan kebiasaan pola hidup tak sehat lainnya seperti merokok, dan memiliki berat badan yang tidak idel menjadi faktor kedua setalah pola makanan kita sehari-hari. Kurangnya bergerak/ berolahraga maka akan menyebabkan penumpukan lemak didalam tubuh akan semakin cept. Hal ini dikarenakan tidak ada lemak yang dibuang didalam tubuh sehingga lemak tersebutlah yang menyebabkan kita akan menjadi lebih gendut dan akan membuat semakin malas dalam berolahraga. Selain itu merokok juga dapat menyebapkan penyumbatan pada pembuluh darah arteri akan memperparah kondisi seseorang yang mengalami/ terkena Bahaya Kolesterol.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Tujuh Tips Sederhana Mengatasi Anyang-anyangan yang mengganggu

Gejala umum yang sering dialami pada penderita hiperkolesterolemia adalah sering mengalami pusing pada bagian kepala, terasa pegal pada tengkuk dan pundak, dan kesemutan didaerah tangan dan kaki. Apabila gejala ini tsering terjadi dan dibiarkan begitu saja maka akan dapat memicu terjadinya penyakit jantung koroner dan stroke.

Check Also

Mengatasi Anyang-anyangan

Tujuh Tips Sederhana Mengatasi Anyang-anyangan yang mengganggu

Tujuh Tips Sederhana Mengatasi Anyang-anyangan yang mengganggu – Anyang-ayangan atau infeksi saluran kemih bukanlah penyakit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *