Home / Kehamilan / Alasan Mengapa Alkohol Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil

Alasan Mengapa Alkohol Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil

Alasan Mengapa Alkohol Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil – Alkohol merupakan salah satu minuman yang bisa menyebabkan seseorang hilang akal ketika meminumnya secara berlebihan dan dampaknya sangat berbahaya bagi jangka panjang maupun pendek untuk kesehatan tubuh anda. terlebih lagi ketika dikonsumsi oleh ibu hamil. Alkohol ini sendiri merupakan minuman dengan campuran aneka zat kimia, yang bisa merusak organ tubuh si peminumnya, terlebih jika sampai dikonsumsi oleh janin yang sedang anda kandung, maka dampaknya akan sangat fatal.

Alkohol Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil Pada wanita diluar kehamilan, meminum alkohol, bisa berdampak pada kerusakan jantung, ketidaksuburan, hingga mengalami resiko stroke yang lebih besar. Jika hal ini terjadi pada wanita yang sedang mengandung, tentunya akan berdampak lebih serius lagi termasuk untuk janin yang anda kandung. Dan dibawah ini adalah ulasannya mengapa alkohol sangat berbahaya untuk ibu hamil, dan wajib untuk anda hindari, untuk kesehatan tubuh dan janin anda.

Bahaya Alkohol Bagi Ibu Hamil

  1. Merusak organ janin

Alkohol merupakan salah satu zat yang berbahaya bagi tubuh, terutama jika dikonsumsi ketika mengandung. Alkohol bisa menyebabkan tubuh bayi bisa tersakiti, dan juga merusak organ tubuh janin. Zat kimia yang sifatnya keras dari alkohol ini, mampu merusak organ yang ada dalam tubuh janin, akibatnya sedikit demi sedikit, akan mengalami kerusakan. Maka dari itu Alkohol Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil agar bayi lahir sehat.

  1. Menyakiti bayi

Selain itu, kandungan zat kimia yang ada dalam alkohol ini sendiri, bisa menyakiti janin anda, dimana alkohol nantinya bisa masuk kedalam rahim dan merusak air ketuban. Tentunya air ketuban yang terkontaminasi oleh alkohol ini sendiri, akan diasup oleh janin, dan janin belum kuat mengasup kandungan zat kimia yang ada pada alkohol. Akibatnya, janin akan terasa tersakiti dan bisa membuatnya tidak mampu bertahan.

  1. Bayi mengalami kecanduan
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Hal-hal Yang Wajib Dihindari Saat Hamil Agar Sehat saat Melahirkan

Ini merupakan salah satu efek buruk lainnya, dan menjadi alasan mengapa alkohol sebaiknya dihindari oleh anda, karena memang efeknya sangat buruk, dimana pada kehidupan bayi yang akan datang, dampaknya ia akan kecanduan mengkonsumsi alkohol, karena, sejak didalam kandungan sudah dididik mengkonsumsi minuman berbahaya ini.

  1. Cacat bawaan

Alasan lainnya, mengapa alkohol sebaiknya tidak dikonsumsi ketika mengandung, dan mesti anda hindari sejauh mungkin adalah, bisa membuat cacat bawaan pada janin anda. syaraf otak janin, bisa terganggu ketika anda mengkonsumsi alkohol, dan tentu saja ini akan berpengaruh pada pola pikir, dan juga kemampuan kosentrasi bayi, ketika nanti dilahirkan. Selain itu, syaraf pusat yang terganggu ini, akan menyebabkan terjadinya cacat bawaan pada buah hati anda.

  1. Kekurangan berat badan

Salah satu hal yang bisa mengindikasikan kesehatan janin adalah berat badannya setelah dilahirkan. Tentunya, janin yang sehat, akan dilahirkan dengan berat badan yang stabil. Nah, bagaimana jika berat badan bayi justru berkurang, dan dibawah normal. tentunya ini merupakan salah satu hal yang mesti dihindari. Dan alkohol berperan besar, sebagai penyebab berkurangnya berat badan janin ketika dilahirkan.

Hal ini terjadi karena kandungan alkohol akan mengikat zat gizi yang semestinya diasup oleh janin, akibatnya janin akan kekurangan nutrisi, sekaligus berat badannya.

Demikian beberapa bahaya alkohol bagi ibu hamil, yang tentu saja sangat membahayakan kesehatan janin dan kandungan anda. semoga menambah informasi dan pengetahuan anda akan kenapa Alkohol Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil.

Check Also

Nutrisi Yang Diperlukan Oleh Ibu Hamil Muda

Nutrisi Yang Diperlukan Oleh Ibu Hamil Muda yang Wajib diketahui

Nutrisi Yang Diperlukan Oleh Ibu Hamil Muda – Makanan bagi ibu hamil memang sangat penting …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *