Home / Pengobatan Alami / 6 Jenis Makanan Sehat yang Membantu Buang Air Besar Lebih Mudah

6 Jenis Makanan Sehat yang Membantu Buang Air Besar Lebih Mudah

6 Jenis Makanan Sehat yang Membantu Buang Air Besar Lebih Mudah

Buang Air Besar Lebih Mudah

Buang Air Besar Lebih Mudah  – Konstipasi merupakan salah satu jenis masalah kesehatan yang paling umum terjadi dan diperkirakan sebanyak 20% orang di dunia tengah mengalaminya dari waktu ke waktu. Penurunan pergerakan makanan di dalam sistem pencernaan merupakan penyebab utama anda terkena konstipasi. Beberapa faktor lainnya seperti pola makan rendah serat, usia tua dan tidak banyak melakukan aktivitas fisik juga dapat menyebabkan anda terkena konstipasi.

Terdapat berbagai macam solusi yang bisa anda gunakan, dimulai dari pencahar hingga suplemen serat yang dapat membantu anda buang air besar lebih mudah. Tetapi, pilihan terbaik dengan resiko terendah adalah dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat. Beberapa makanan lezat juga ternyata bisa anda gunakan untuk membantu masalah konstipasi (Buang Air Besar Lebih Mudah) anda.

Bagi anda yang tengah mengalami masalah tersebut, maka ada baiknya untuk mencoba beberapa makanan yang telah kami rangkum di bawah ini untuk anda. Dimulai dari buah-buahan hingga biji-bijian, berikut adalah 6 makanan yang dapat membantu anda Buang Air Besar Lebih Mudah.

Apel

Apel merupakan sumber serat yang sangat baik untuk tubuh anda. Satu buah apel berukuran kecil saja (atau sekitar 149 gram) sudah menyediakan 4 gram serat untuk anda. Serat yang anda makan tersebut dapat melewati usus anda tanpa bisa tercerna, sehingga membantu pembentukan kotoran dan membuat anda lebih mudah untuk buang air besar. Apel juga mengandung serat larut yang secara spesifik disebut dengan pektin, yaitu jenis pencahar alami tanpa efek samping.

Buah Kiwi

Buah kiwi mengandung kadar tinggi akan serat dimana menjadikannya salah satu makanan yang dapat membantu anda buang air besar lebih teratur. Satu buah kiwi berukuran sedang (atau 76 gram) saja sudah mengandung 2,3 gram serat. Buah kiwi juga telah terbukti dapat merangsang pergerakan di dalam saluran pencernaan anda, sehingga membantu anda memiliki keinginan untuk buang air besar.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
13 Makanan yang Bisa Membersihkan Organ Paru-Paru

Biji Rami (Flaxseed)

Selain berbagai macam manfaat kesehatan yang dimilikinya, biji rami atau ‘flaxseed’ juga mengandung kadar serat yang sangat tinggi dan memiliki kemampuan untuk mempromosikan buang air besar secara lebih teratur. Satu sendok makan biji rami (sekitar 10 gram) dapat menyediakan 3 gram dari serat, termasuk jenis serat larut dan serat tidak larut.

Buah Pear

Buah pear dapat membantu menangani masalah sembelit anda dengan berbagai macam cara. Buah pear mengandung serat yang tinggi, yaitu sekitar 6 gram per buah berukuran sedang, dimana mampu menyediakan sekitar 24% persen kebutuhan serat harian anda. Selain itu, buah pear juga sangat tinggi akan sorbitol, yaitu sejenis alkohol gula yang bertindak sebagai agen osmotik untuk menarik air ke usus sehingga merangsang keinginan untuk buang air besar.

Ubi Manis

Selain menyediakan sejumlah vitamin dan mineral, ubi manis juga ternyata mengandung sejumlah serat baik yang dapat membantu anda buang air besar secara lebih teratur. Satu buah ubi manis berukuran sedang (sekitar 114 gram) saja sudah mengandung sekitar 4 gram serat.

Serat yang ditemukan dalam ubi manis sebagian besar adalah jenis tidak larut, termasuk beberapa jenis seperti selulosa, lignin, dan pektin. Berkat kandungan seratnya tersebut, beberapa penelitian telah membuktikan bahwa ubi manis juga dapat membantu anda buang air besar lebih mudah.

Biji Chia

Hanya satu ons dari biji chia saja sudah mengandung sekitar 11 gram serat. Faktanya, biji chia terdiri dari 40% serat sehingga menjadi salah satu jenis makanan yang mengandung serat paling banyak. Secara spesifik, biji chia merupakan sumber serat larut yang baik, dimana dapat menyerap air dan membentuk gel sehingga mampu menghaluskan dan melembutkan tinja agar lebih mudah keluar dari sistem pencernaan anda.

Check Also

Cara Mengobati Alergi Makanan

Cara Mengobati Alergi Makanan dengan Mudah dan Alami

Cara Mengobati Alergi Makanan dengan Mudah Cara Mengobati Alergi Makanan – Saat kita terkena alergi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *