Home / Gaya Hidup Sehat / 9 Cara Mengatasi Gigi Ngilu dengan Cepat Dan Aman

9 Cara Mengatasi Gigi Ngilu dengan Cepat Dan Aman

Cara Mengatasi Gigi Ngilu dengan Cepat Dan Aman – Salah satu masalah mulut yang sering dialami oleh banyak orang ialah masalah gigi ngilu. Gigi ngilu sendiri merupakan kondisi dimana gigi mengalami rasa nyeri dan ngilu berlebihan akibat bersentuhan dengan zat yang bisa menimbulkan rasa ngilu tersebut. Berdasarkan medis bisa juga dikatakan sebagai gigi sensitif.

Cara Mengatasi Gigi Ngilu
Cara Mengatasi Gigi Ngilu

Gigi sensifit atau gigi ngilu ini terjadi karena karena adanya lubang kecil kasat mata yang terdapat pada gigi. Nantinya zat yang bisa menimbulkan rasa ngilu ini akan masuk kedalam lubang kecil tersebut sehingga respon akan langsung diterima oleh syaraf. Alhasil rasa ngilu lah yang akan dirasakan oleh penderita gigi sensitif.

Tentunya, ketika kita memiliki masalah gigi sensitif, tentu kita akan membatasi jenis makanan dan minuman yang akan kita konsumsi. Tentu hal ini cukup merepotkan bukan? Nah bagi Anda yang ingin menikmati makanan dan minuman yang Anda sukai tanpa perlu repot memikirkan gigi ngilu ini, kami punya caranya!

Berikut kami sajikan kepada Anda Cara Mengatasi Gigi Ngilu dengan Cepat Dan Aman serta alami yang bisa Anda coba!

Bagaimana Caranya Agar Gigi tidan Ngilu?

Di bawah ini ada beberapa Cara Mengatasi Gigi Ngilu dengan Cepat Dan Aman yang bisa Anda coba. Tentunya, cara yang kami sajikan di bawah ini sepenuhnya aman dan sangat efektif apabila Anda melakukannya dengan benar. Adapun beberapa caranya ialah:

  1. Gunakan Sikat Gigi Yang Lembut

Cara Mengatasi Gigi Ngilu dengan Cepat Dan Aman yang pertama yaitu dengan menggunakan sikat gigi yang lembut. Menyikat gigi banyak dilakukan oleh sebagian orang untuk menjaga kesehatan mulut. Akan tetapi, untuk penggunaan sikat gigi haruslah sikat gigi yang bertekstur lembut. Sebab jika sikat gigi bertekstur kasar maka akan emngikis lapisan email gigi dan melukai gusi. Dengan begitu, akan menyebabkan gigi akan sangat mudah ngilu dan juga sakit saat mengkonsumsi makanan yang dingin, terlalu manis, dan juga terlalu dingin.  Selain itu, untuk sikat  gigi juga tetap harus dilakukan minimal 3 kali dalam sehari.

  1. Menggunakan Baking Soda
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Obat Alami Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh Tuntaskan Sakit Gigi Hingga Ke Akar-Akarnya

Siapa yang tidak tahu dengan bahan baking soda. Bahan ini banyak digunakan untuk membuat kue dan juga untuk bahan yang lainnya. Akan tetapi, siapa sangka jika menggunakan baking soda juga bisa mengatasi gigi yang ngilu. Sebab baking soda mampu membuang plak yang dapat membuat gigi akan ngilu. Caranya pun sangat mudah yaitu dengan menyiapkan ½ gelas baking soda, 10 tetes perasan lemon, 4 sdt gliserol sayuran, dan 1 sdt gel lidah buaya. Campur bahan tersebut dalam satu gelas air. Aduk hingga merata dan gunakan untuk berkumur beberapa kali. Lakukan kumur tersebut minimal 2 kali dalam sehari.

  1. Menggunakan Air Garam

Cara Mengatasi Gigi Ngilu dengan Cepat Dan Aman yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan air garam. Bukan lagi rahasia jika garam banyak digunakan untuk mengatasi gigi ngilu. Kandungan zat yodium yang ada dalam garam dapat memperbaiki kerusakan email gigi penyebab gigi ngilu. Dengan begitu, menggunakan air garam memang sangatlah tepat untuk digunakan. Apalagi garam juga sangat mudah untuk didapatkan sehingga tidak ada salahnya untuk mencobanya. Caranya pun sangat mudah yaitu dengan berkumur dengan menggunakan air garam 2 kali dalam sehari. Lakukan berkumur dengan menggunakan air garam ini dengan teratur untuk mengatasi gigi ngilu dengan cepat.

  1. Menggunakan Bawang Putih

Salah satu bahan yang bisa digunakan Cara Mengatasi Gigi Ngilu dengan Cepat Dan Aman yaitu dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih mengandung anti bakteri yang mampu membuat sela-sela gigi yang mengalami pembusukan juga bisa sembuh. Apalagi dengan menggunakan bawang putih juga bisa mengurangi rasa nyeri pada gigi akibat adari email gigi yang mengalami kerusakan. Caranya pun sangat mudah yaitu dengan menghaluskan beberapa bawang putih. Kemudian oleskan pada gigi yang terasa ngilu atau Anda jadikan sebagai obat kumur harian Anda, yaitu dengan mencampurkan 2 siung bawang putih yang telah dihaluskan dengan segelas air hangat. Kumur-kumur dengan bahan tersebut, dan lakukan kumur-kumur tersebut 2 kali dalam sehari.

  1. Mengunakan Bawang Merah
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Gaya Hidup Sehat dengan Menerapkan Pola hidup yang Sehat

Tidak hanya bawang putih saja yang bisa digunakan untuk Cara Mengatasi Gigi Ngilu dengan Cepat Dan Aman. Sebab bawang merah juga bisa mengatasi gigi ngilu, kandunagn anti bakteri yang ada dalam bawang merah bisa menenangkan saraf yang akan menyebabkan pendarahan. Serta mengurangi iritasi dan pembengkakan pada bagian gigi yang ngilu. Caranya pun hampir sama dengan menggunakan bawang putih yaitu dengan menghaluskan bawang merah. Kemudian campurkan bawang merah yang telah halus pada air hangat. Setelah itu, campurkan dan gunakan untuk berkumur dengan rutin menimal 2 kali dalam sehari.

  1. Menggunakan Daun Sirih

Cara mengatasi gigi ngilu juga bisa dengan menggunakan daun sirih. Daun sirih memang sangat bagus untuk digunakan untuk mengatasi gigi ngilu. Dalam daun sirih mengandung senyawa yang kuat yang mampu membuat gigi akan mengalami perbaikan. Caranya pun sangat mudah yaitu dengan menghaluskan daun sirih lalu diperas di ambil sarinya saja. Setelah itu, campurkan dengan menggunakan air hangat. Kemudian Anda sudah bisa gunakan untuk berkumur-kumur.

  1. Konsumsi Air Putih Usai Memakan Makanan Yang Menyebabkan Gigi Ngilu

Rasa asam yang terdapat pada mulut rupanya bisa memicu terjadinya gigi ngilu. Rasa asam ini akan muncul ketika seseorang usai mengkonsumsi jenis makanan dan minuman tertentu. Adapun cara menetralkan rasa asam yang terdapat di mulut ini ialah dengan menggunakan air putih. Konsumsilah air putih 1 gelas setelah memakan makanan dan minuman yang bisa menyebabkan gigi ngilu. Selain itu Anda juga bisa menggunakan air putih ini sebagai obat kumur alami tanpa efek samping.

  1. Jangan Langsung Menyikat Gigi Usai Mengkonsumsi Makanan

Kebanyakan yang orang tahu ialah kita wajib menyikat gigi usai mengkonsumsi makanan agar kesehatan gigi tetap terjaga. Padahal cara ini bukanlah 100% benar adanya. Hal ini mengingat kondisi gigi usai digunakan untuk mengunyah makanan perlu beberapa waktu untuk diistirahatkan. Untuk itu jangan langsung menyikat gigi Anda usai mengkonsumsi makanan. Akan tetapi minumlah terlebih dahulu air putih sekaligus berkumur. Tunggu 5 – 10 menit dan mulai menyikat gigi.

  1. Gunakan Flouride
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Obat Tradisional Darah Tinggi yang mudah didapat di sekitar kita

Cara mengatasi gigi ngilu yang paling efektif ialah dengan mengoleskan flouride ke bagian gigi sensitif tersebut. Dalam hal ini flouride berfungsi sebagai pelindung gigi dari zat yang bisa memicu timbulnya gigi sensitif atau ngilu. Untuk mendapatkan zat flouride ini Anda harus membeli di dokter gigi terdekat. Namun kebanyakan dokter gigi tidak menjual obat ini sehingga Anda harus berobat disana  untuk mendapatkannya.

Itulah beberapa cara mengatasi gigi ngilu secara tradisional dan aman yang bisa Anda coba. Lakukanlah beberapa cara di atas secara teratur agar gigi ngilu Anda tidak terjadi ketika Anda sedang asyik mengkonsumsi makanan dan minuman yang Anda sukai. Semoga bermanfaat.

Check Also

Cara Paling Ampuh dan Efektif Mencegah Penyakit Jantung

Cara Paling Ampuh dan Efektif Mencegah Penyakit Jantung

Cara Paling Ampuh dan Efektif Mencegah Penyakit Jantung Cara Paling Ampuh dan Efektif Mencegah Penyakit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *