Home / Makanan Sehat / Buah-buahan Sehat / 7 Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan Tubuh Kita

7 Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan Tubuh Kita

7 Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan Tubuh Kita

7 Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan Tubuh Kita
7 Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan Tubuh Kita

7 Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan Tubuh Kita – Dimulai dari pencuci mulut hingga dibuat menjadi wine, sudah tidak asing lagi jika anggur memiliki gelar sebagai ratu buah. Anggur termasuk ke dalam keluarga berry yang hadir dengan berbagai macam warna, dimulai dari warna hijau, merah, biru, hingga hitam atau ungu.

Dengan menelusuri sejarahnya, dikatakan bahwa anggur pertama kali ditanam di daerah Timur Tengah, dan kemudian menjadi sangat terkenal ketika penduduk kota Shiraz di negara Iran mulai menggunakannya sebagai wine. Pada akhirnya, negara lain mulai ikut menanam dan menggunakannya sebagai minuman khas makan malam romantis tersebut.

Saat ini, tentu saja anda bisa mendapatkan buah anggur dengan lebih mudah di pasaran. Selain rasanya yang lezat, beberapa penelitian telah menemukan bahwa ternyata anggur pun bisa memberikan anda berbagai macam manfaat untuk kesehatan anda. Ingin tahu apa sajakah manfaat yang bisa diberikan anggur terhadap tubuh anda? Berikut adalah daftarnya.

Dipenuhi Dengan Antioksidan

Anggur merupakan gudangnya antioksidan. Buah ini mengandung berbagai macam fitonutrien dimulai dari karotenoid hingga polifenol. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa fitonutrien tersebut dapat membantu mencegah berbagai macam jenis kanker dan menjaga kesehatan jantung.

Diantara polifenol, resveratrol dikenal sebagai sifatnya yang dapat menghambat terbentuknya radikal bebas penyebab kanker dan melebarkan pembuluh darah sehingga mempermudah aliran darah dan menurunkan tekanan darah di dalam tubuh anda. Kandungan antioksidan paling banyak bisa anda temukan dalam biji dan kulitnya.

Mencegah Masalah Kulit

Ditemukan bahwa resveratrol dapat mencegah tanda-tanda penuaan dan masalah kulit. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh sebuah tim dari University of California, Los Angeles (UCLA) menemukan bahwa ketika resveratrol dikombinasikan dengan obat jerawat yang disebut benzoyl peroxide, maka dapat melawan bakteri penyebab jerawat di wajah anda.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Manfaat Apel bagi Kesehatan Tubuh Kita Sungguh Luar Biasa

Tinggi Akan Kalium

Pecahan nutrisi menunjukkan bahwa setiap 100 gram dari buah anggur mengandung 191 mg kalium. Mendapatkan asupan kalium yang tinggi dan menurunkan kadar natrium di tubuh dapat membantu kesehatan tubuh anda dengan berbagai macam cara. Kalium juga dapat menetralkan natrium berlebih sehingga bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah, mengurangi kolesterol tinggi, dan mencegah anda terkena penyakit jantung.

Bagus Untuk Mata

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Miami di Florida, menemukan bahwa anggur juga dapat mempromosikan kesehatan mata dari perubahan sinyal pada tingkat sel untuk langsung melawan stres oksidatif. Mengkonsumsi anggur juga dapat menurunkan kadar protein peradangan dan mendapatkan jumlah protein pelindung di retina mata anda.

Meningkatkan Kekuatan Otak

Beberapa penelitian lainnya juga menemukan bahwa resveratrol dapat membantu anda meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga bisa membantu mempercepat respon mental dan terbukti bermanfaat bagi mereka yang menderita penyakit terkait otak seperti Alzheimer.

Bagus Untuk Lutut Anda

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Texas Woman’s University telah menetapkan bahwa mendapatkan asupan anggur setiap hari dapat membantu anda mengurangi rasa sakit di area lutut, terutama rasa sakit yang dipicu oleh gejala osteoarthritis. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa anggur mengandung kadar antioksidan yang tinggi, dimana dapat juga membantu meningkatkan fleksibilitas dan mobilitas sendi-sendi anda.

Memiliki Sifat Anti Radang

Sudah tebukti bahwa anggur mengandung enzim tertentu yang dapat menghasilkan efek anti-radang di dalam tubuh anda, sehingga dapat menenangkan arteri anda dan mempromosikan kesehatan jantung serta membantu memperbaiki fungsi tubuh lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *