Home / Penyakit / Darah Tinggi / Obat Tradisional Darah Tinggi yang mudah didapat di sekitar kita

Obat Tradisional Darah Tinggi yang mudah didapat di sekitar kita

5 Jenis Tanaman Obat Tradisional Darah Tinggi

Untuk menurunkan tekanan darah tinggi sendiri bisa dilakukan dengan 2 cara, yakni secara medis atau menggunakan obat tradisional darah tinggi. tekanan darah tinggi atau biasa yang dikenal dengan hipertensi ini adalah jenis gangguan di dalam tubuh yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit lain. Bahkah penderita tekanan darah tinggi sangat beresiko mengalami penyakit stroke dan jantung. Penderita tekanan darah tinggi sangat sulit untuk diidentifikasi. Tekanan darah tinggi yang Anda bisa dikenali dengan rutin melakukan pemeriksaan tensi darah. Namun ada beberapa gejala yang mungkin bisa menjadi indikator apabila Anda menderita tekanan darah tinggi, seperti mudah lelah, sering gelisah, mudah marah, merasa pusing, susah tidur, mata berkunang – kunang atau sesak nafas. Tapi mungkin saja ada beberapa gejala lainnya dari adanya tekanan darah tinggi.

Penyebab adanya tekanan darah tinggi

Sebelum membahas lebih lanjut tentang obat tradisional darah tinggi, Anda juga harus tahu penyebab dari mengapa tekanan darah Anda meningkat. Sebenarnya, hipertensi atau tekanan darah tinggi belum diketahui penyebabnya dengan pasti. Namun beberapa para medis berpendapat bahwa tekanan darah tinggi juga bisa dikarenakan adanya faktor keturunan. Pembawa gen yang sama dari salah satu orang tua yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi, kemungkinan keturunannya juga bisa mengalami hal yang serupa. Di samping itu, tekanan darah tinggi yang terjadi pada wanita bisa disebabkan karena mengonsumsi pil KB atau obat pereda flu. Selain itu, ada beberapa wanita yang mengalami menderita hipertensi saat hamil karena adanya terapi hormon. Adapun penyebab lainnya yang disinyalir dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. salah satunya adalah gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, mengonsumsi alkohol, kurang mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang. Tidak hanya itu, penderita diabetes atau orang dengan kadar kolesterol yang tinggi juga bisa beresiko mengalami tekanan darah tinggi.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Jenis Penyakit yang Saling Berhubungan Dengan Masing-Masing Organ Tubuh Kita

Obat tradisional yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi

  1. Daun salam

Obat Tradisional Darah Tinggi

Daun salam sendiri sangat bagus digunakan sebagai obat tradisional darah tinggi. hal ini dikarenakan adanya berbagai macam senyawa aktif yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi. di samping itu, daun salam juga memiliki kandungan akan minyak atsiri. Di mana dalam minyak atsiri daun salam juga terdapat flovonis, polifenol, alkaloid, saponin dan triterpen. Tidak hanya itu saja, kandungan flavonoid di dalam daun salam lah yang sangat bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah tinggi. hal ini dikarenakan kandungan tersebut merupakan senyawa antioksidan yang baik dalam mencegah adanya oksidasi di dalam tubuh Anda. perlu Anda ketahui bahwa jika oksidasi di dalam tubuh Anda tinggi maka bisa beresiko adanya gangguan degeneratif. kandungan flavonoid di dalam daun salam sendiri juga baik dalam menurunkan kolesterol, kadar gula darah dan mengatasi asam urat. Untuk mengolah daun salam menjadi obat tradisional darah tinggi, cukup dengan merebusnya dengan menggunakan air. Kemudian Anda konsumsi secara rutin saat sudah dingin.

  1. Mentimun

Obat Tradisional Darah Tinggi

Salah satu jenis obat tradisional darah tinggi berikutnya bisa Anda dapatkan dari mentimun. Menurut penelitian, mentimun adalah jenis makanan dengan kandungan kalium, serat dan magnesium yang tinggi sehingga mampu menurunkan tekanan darah. Tidak hanya itu saja, mentimun juga memiliki kandungan akan vitamin A, K, C, folat dan silika. Kandungan vitamin C di dalam mentimun lah yang merupakan sumber antioksidan yang baik dalam menurunkan tekanan darah. Mentimun juga rendah akan sodium. Seperti yang Anda ketahui bahwa penderita hipertensi pantang mengonsumsi asupan sodium berlebih. Kandungan kalium di dalam mentimun sangat baik dalam mengontrol tekanan darah Anda. selain itu, mentimun juga sangat bagus sebagai menu dalam program diet Anda. dalam mengonsumsi mentimun sendiri, Anda bisa menjadikannya sebagai jus mentimun yang segar.

  1. Rumput laut
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Ciri-Ciri Darah Tinggi Dan Cara Pencegahannya Yang Harus Anda Ketahui

Obat tradisional darah tinggi yang selanjutnya adalah rumput laut. Jenis tanaman yang satu ini banyak dimanfaatkan sebagai manisan atau sup. Rumput laut sendiri memiliki banyak sekali kandungan nutrisi dan gizi yang sangat diperlukan oleh penderita tekanan darah tinggi. kandungan tersebut berupa minyak essential, vitamin dan juga mineral. Adanya kandungan serat yang tinggi di dalam rumput laut sangat bagus dalam mempercepat proses metabolisme di dalam tubuh sehingga baik dalam menurunkan berat badan. Selain itu, kandungan akan kalium dan taurin di dalam rumput laut lah yang berfungsi dalam menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol di dalam tubuh. beberapa kandungan lainnya di dalam rumput laut juga baik dalam mencegah berbagai resiko penyakit, seperti diabetes, atau penyakit jantung. Anda bisa mengonsumsi rumput laut dengan cara menjadikannya sebagai sup miso yang lezat.

  1. Seledri

Obat Tradisional Darah Tinggi

Daun seledri sendiri juga merupakan salah satu obat tradisional darah tinggi, karena adanya kandungan umarin, apigenin dan phthalides. Kandungan phthalides pada seledri lah yang memberikan aroma yang kuat dan juga telah terbukti mampu melemaskan otot halus yang menyelimuti pembuluh darah. Dengan begitu aliran darah akan lebih lancar. Selanjutnya kandungan kuramin di dalam seledri baik dalam menangkal radikal bebas sehingga tubuh tidak akan mudah terserang penyakit. Terakhir, kandungan apigenin di dalamnya yang memiliki sifat sebagai anti inflamsi, anti kanker dan anti iritasi. Kandungan ini juga berfungsi untuk melebarkan dinding pembuluh darah sehingga peredaran darah akan semakin lancar. Hal ini tentu akan sangat berdampak baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi Anda. untuk mengonsumsi daun seledri ini, Anda bisa dengan langsung menambahkan pada masakan Anda. namun jika Anda ingin mendapatkan manfaatnya yang lebih membuat jus daun seledri akan lebih baik.

  1. Mengkudu
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Ini Manfaat Konsumsi Minyak Zaitun Secara Rutin Bagi Kesehatan Tubuh

Obat Tradisional Darah Tinggi

Buah mengkudu sendiri sudah dari dahulu dikenal akan khasiatnya yang luar biasa dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Buah mengkudu ini memiliki warna hijau mengkilat dengan bintik hitam di seluruh bagian buahnya. Dengan bentuknya yang tidak teratur, baunya yang menyengat dan rasa yang pahit membuat banyak orang menghindari jenis buah yang satu ini. Namun Anda jangan salah bahwa mengkudu sendiri memiliki banyak sekali kandungan nutrisi, seperti vitamin, mineal, proxerononi, xeronine, protein, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu saja, kandungan akan senyawa scopoletin di dalam buah mengkudu memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri. Buah mengkudu yang digunakan sebagai obat tradisional darah tinggi karena kandungan anti inflamsi itulah. Buah mengkudu yang Anda konsumsi bisa membantu dalam melebarkan pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Hal itulah yang membuat tekanan pada dinding – dinding pembuluh darah bisa turun dan berkurang. buah mengkudu yang Anda konsumsi bisa direbus dengan air mendidih. Kemudian mengonsumsinya dengan ditambahkan madu. Anda juga bisa membuat jus mengkudu.

Itulah beberapa tanaman yang baik dalam menurunkan tekanan darah tinggi yang Anda derita. Tentu saja memilih jalan pengobatan dengan mengonsumsi obat tradisional darah tinggi akan lebih aman karena tidak menimbulkan efek samping sama sekali.

Paling Banyak Dicari:

Check Also

Manfaat Daun Genjer Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Genjer Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat Daun Genjer Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui – Tanaman genjer dapat kita temukan pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *