Home / Gaya Hidup Sehat / 15 Cara Menambah Berat Badan dengan Cepat dan Ampuh

15 Cara Menambah Berat Badan dengan Cepat dan Ampuh

Terlalu kurus untuk lolos persyaratan kerja? Bingung untuk menaikkan berat badan? Ikuti cara menambah berat badan ini dan dapatkan berat badan ideal anda.

Cara Menambah Berat Badan dengan Cepat dan Ampuh

Sekarang ini banyak kantor yang menjadikan berat badan yang ideal sebagai salah satu persyaratan melamar di kantor tersebut. Sebagai pelamar tentunya akan melakukan apapun agar dapat memenuhi persyaratan tersebut. Tentunya para pelamar akan melakukan cara menambah berat badan bila berat badan dirasa kurang atau belum ideal. Dan juga sebaliknya untuk pelamar yang memiliki berat badan berlebih.

Namun kebanyakan orang melakukan penambahan berat badan dengan cara yang tidak sehat. Sehingga hasil yang didapat tidaklah hasil yang optimal. Oleh karenanya penting untuk  mengetahui cara menambah berat badan yang baik dan benar. Inilah beberapa cara terbaik untuk menambah berat badan.

Cara Menambah Berat Badan
Cara Menambah Berat Badan dengan Cepat

 Beberapa Cara Menambah Berat Badan

  1. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup adalah tahap pertama cara menambah berat badan. Bila anda mengalami kekurangan tidur, akan berdampak buruk pada kesehatan. Di samping itu, kurang tidur juga akan memberikan dampak pada metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang tidak sempurna, akan mempengaruhi berat badan seseorang. Oleh karenanya, usahakan tidak untuk begadang bila bukan keperluan yang mendesak.

  1. Banyak Minum Air Putih

Kebanyakan orang kurus, mengalami masalah kekurangan minum pada tubuhnya. Padahal kebutuhan air pada seseorang dibutuhkan 1,5-2 liter. Air pada tubuh berguna untuk menyerap nutrisi pada makanan. Oleh karenanya, bila berat badan anda tidak kunjung mengalami peningkatan. Mungkin saja hal ini disebabkan oleh kekurangan air pada tubuh.

  1. Ngemil

Menambah porsi makan tidah hanyalah cara menambahkan berat badan. Karena dengan mengemil pun dapat menambah berat badan. Walaupun bertujuan untuk menambahkam berat badan, anda tetap harus menjaga kandungan macam-macam vitamin dan fungsinya. Sehingga berat badan ideal dapat tercapai dan kesehatan tubuh tetap dapat terjaga.

  1. Makan Makanan Sehat
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Waspadai Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan Anda

Bila selama ini makanan junk food menjadi pilihan anda untuk makan, berhentilah mulai sekarang. Makanan ini adalah cara untuk menambah berat badan. Namun makanan ini tidaklah baik untuk kesehatan. Bila ingin menambah berat badan dengan cara yang sehat ubahlah pola makan anda dari sekarang. Cobalah untuk memakan daging ayam tanpa kulit, susu dan keju.

  1. Mengonsumsi Jus atau smoothies

Smoothies adalah buah-buahan yang dicampurkan dengan susu dan yoghurt. Smoothies baik untuk tubuh karena mengandung berbagai vitamin yang baik untuk tubuh. Tubuh akan lebih cepat untuk menerima makanan atau minuman yang dihaluskan. Oleh karenanya, baik untuk anda mengonsumsi jus buah atau smoothies. Semua buah dapat  anda jadikan sebagai smoothies atau jus, namun yang perlu diingat jangan kembali menggunakan gula. Karena pemanis alami dari buah sudah cukup untuk menjaga kesehatan tubuh.

  1. Meningkatkan Frekuensi Makan

Frekuensi makan yang ditingkatkan dapat menjadi pilihan cara menambahkan berat badan. Artinya, untuk mendapatkan berat yang ideal penting untuk menambah frekuensi makan. Anda bisa menambah frekuensi makan hingga 4-6 kali. Tentunya frekuensi makan ini harus disertai dengan pola makan yang tepat, yaitu pola makan tinggi kalori.

  1. Olahraga

Kebanyakan orang berpikir bahwa olahraga hanya dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan. Namun, ternyata olahraga juga dapat digunakan untuk menambah berat badan. Olahraga yang dapat dilakukan misalnya jogging, bersepeda, renang dan yang lainnya. Namun selagi berolahraga anda tetap harus mengonsumsi makanan tinggi kalori. Sehingga olahraga tetap akan menambah berat badan anda. Tidak hanya menambah berat badan, olahraga juga akan membantu pembentukan massa otot pada tubuh.

  1. Mengonsumsi buah Alpukat

Alpukat adalah buah yang sampai saat ini masih disukai oleh masyarakat Indonesia. Buah ini memiliki kandungan yang tinggi kalori dan tinggi lemak pula. Sehingga cocok untuk dikonsumsi sebagai cara menambah berat badan. Biasanya buah alpukat hanya dijadikan sebagai jus atau dimakan langsung. Untuk menambah varian agar tidak bosan,  anda dapat menambahkan susu ataupun yoghurt sebagai pelengkapnya.

  1. Coklat

Cokelat memang dipercaya dapat memberikan pertambahan pada berat badan. Dan hal ini bukanlah mitos ataupun dongeng. Untuk anda yang ingin menaikan berat badan, cokalat adalah pilihan yang tepat. Karena coklat memiliki kandungan lemak dan kalori yang tinggi, tidak hanya itu karena terdapat manfaat coklat untuk kesehatan lainnya. Hal ini karena coklat memiliki antioksidan yang tinggi bagi tubuh dan membantu menangkal radikal bebas.

  1. Konsumsi Buah Naga

Buah naga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya untuk menambahkan berat badan. Contoh makanan yang mengandung mineral, b1 dan b2 ini memiliki kandungan yang baik untuk meningkatkan nafsu makan. Sehingga akan membantu dalam proses peningkatan berat badan. Selain itu buah naga juga dapat dikonsumsi untuk mencegah kanker. Karena mengandung antioksidan yang tinggi.

  1. Mengunyah Makanan Sampai Halus

Banyak orang yang tidak menganggap penting masalah mengunyah makanan. Padahal jika diperhatikan, mengunyah makanan adalah hal yang penting untuk mendapatkan nutrisi yang optimal. Nutrisi dapat diperoleh dengan mengunyah makanan secara baik, banyak yang mengatakan bahwa mengunyah makanan selama 26 kali akan memberikan nutrisi yang optimal.

  1. Memperbanyak Konsumsi Telur

Telur adalah suatu bahan olahan yang wajib ada disetiap rumah. Karena kandungan gizi pada telur begitu beragam dan baik untuk tubuh. Telur juga dapat digunakan untuk menambah berat badan, karena mengandung protein dan tinggi lemak yang baik untuk tubuh. Untuk mendapatkan berat badan ideal dan massa otot yang baik, anda dapat mengonsumsi telur sebanyak 3-6 butir sehari.

  1. Kentang dan Umbi

Kentang dan umbi kebanyakan digunakan sebagai pengganti nasi. Banyak orang pula yang menggunakannya sebagai bahan diet nasi. Walaupun demikian kentang dan umbi juga dapat menambah berat banda anda. Selain mengandung kalori dan karbohidrat, kentang dan umbi juga meningkatkan cadangan glikogen pada otot. Glikogen berguna untuk menyimpan energi dalam tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang optimal anda dapat memakan kentang dan umbi secara rutin sebagai menu makan harian anda.

  1. Daging Merah

Mengonsumsi daging segar pun dapat membantu dalam pertambahan berat badan. Karena daging merah memiliki senyawa, protein dan lemak yang tinggi serta baik untuk tubuh. Senyawa kreatin dan leusin akan membantu dalam pembentukan massa otot juga menambah berat badan yang mengonsumsinya.

  1. Kacang dan Selai Kacang

Anda penyuka kacang? Kacang adalah hal yang tepat untuk menambahkan berat badan. Karena kacang memiliki protein dan lemak yang tinggi, namun juga baik untuk kesehatan. Untuk Anda yang ingin mencoba varian lain untuk tetap mengonsumsi kacang dapat mencobanya dengan memakan selai kacang. Tentunya ini hanya dapat dipergunakan untuk anda yang tidak memiliki alergi kacang.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Tips Jitu Menjaga Kesehatan Pendengaran Agar Senantiasa Sehat

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal, cara menambah berat badan apa pun terkadang dilakukan. Namun tetap harus diperhatikan, apakah yang dilakukan tersebut atau justru sebaliknya. Sebaiknya untuk meningkatkan berat badan, lebih mengedepankan cara-cara alami. Sehingga kesehatan tubuh tetap dapat terjaga bersamaan dengan didapatkannya berat badan ideal. Terima kasih telah membaca.

Check Also

Menjaga Kesehatan Mata

7 Hal Yang Perlu Anda Lakukan Untuk Menjaga Kesehatan Mata

7 Hal Yang Perlu Anda Lakukan Untuk Menjaga Kesehatan Mata Menjaga Kesehatan Mata – Mata …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *