Home / Pengobatan Alami / 13 Makanan yang Bisa Membersihkan Organ Paru-Paru

13 Makanan yang Bisa Membersihkan Organ Paru-Paru

13 Makanan yang Bisa Membersihkan Organ Paru-Paru | Organ paru-paru di dalam tubuh kita memiliki peranan yang sangat penting, karena tanpa adanya peru-paru yang sehat kita akan merasakan kesulitan untuk bernapas. Paru-paru di dalam tubuh juga rentan akan polusi, apalagi jika paru-paru tersebut milik para perokok aktif, yang setiap harinya tidak bisa lepas dari rokok.

Tentu paru-paru di dalam tubuhnya akan sangat kotor dan membutuhkan zat yang mampu untuk membersihkannya. Meskipun seseorang yang sudah mencoba berhenti dari kebiasaan merokok, tetap saja paru-paru mereka belum sepenuhnya bersih dari racun yang dihasilkan oleh rokok yang sudah dihisapnya selam bertahun-tahun.

13 Makanan yang Bisa Membersihkan Organ Paru-Paru

Banyak juga kasus yang ditemukan bahwa untuk para perokok yang sudah lama berhenti namun tetap saja memiliki paru-paru yang kotor. Untuk membersihkan organ paru-paru yang kotor akibat rokok, membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk membersihkannya. Selain itu, untuk membantu merawat organ paru-paru dan membersihkannya, harus diselingi dengan mengkonsumsi 13 Makanan yang Bisa Membersihkan Organ Paru-Paru ini. Apa saja 13 Makanan yang Bisa Membersihkan Organ Paru-Paru tersebut? simak informasinya di bawah ini.

Daftar 13 Makanan Yang Bisa Membantu Membersihkan Organ Paru-Paru

  1. Buah Delima.

Buah Delima termasuk salah satu dari 13 Makanan yang Bisa Membersihkan Organ Paru-Paru. Manfaat buah delima memang sudah sangat dikenal dan tak perlu diragukan lagi. Buah ini mempunyai zat anti kanker terutama untuk para perokok. Sehingga jika sedang mencari bahan makanan yang sanggup membersihkan organ paru-paru dari tumpukan racun yang dihasilkan dari rokok, maka buah delima adalah solusi tepatnya. Buah delima sangat bisa diandalkan untuk mencegah penyakit kronis dari perkembangan sel kanker dalam tubuh. Bahkan telah terbukti dalam sejumlah penelitian bahwa ekstrak dari buah delima terbukti ampuh dalam menghambat kanker paru-paru dan juga tumor.

  1. Yoghurt.
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Jenis Penyakit yang Saling Berhubungan Dengan Masing-Masing Organ Tubuh Kita

Yoghurt merupakan bahan makanan yang bisa dikonsumsi untuk membersihkan organ paru-paru. Didalam yoghurt terdapat kandungan probiotik yang mampu memberikan suplai bakteri baik untuk tubuh. Sehingga bakteri baik tersebut bisa membantu melawan bakteri-bakteri jahat yang bisa merusak organ tubuh. Paru-paru yang kotor akan mudah terserang masalah infeksi dan juga kanker, sehingga dengan mengkonsumsi yoghurt diharapkan zat baik didalamnya dapat membantu mencegah masalah pada paru-paru.

  1. Bawang Putih.

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang memiliki manfaat sehat untuk tubuh kita. Bawang putih memiliki kandungan allicin yang berguna untuk membunuh bakteri jahat yang dapat merusak kesehatan paru-paru. Bawang putih juga mempunyai sifat-sifat yang baik untuk tubuh seperti anti jamur, anti bakteri, anti mikroba, anti parasit, anti virus dan anti protozoa yang dapat melindungi tubuh dari berbagai serangan, kuman, bakteri, vitus dan parasit merugikan lainnya. Disarankan untuk mengkonsumsi bawang putih dalam kondisi mentah untuk lebih mendapatkan manfaatnya.

  1. Jeruk Bali.

Untuk membantu membersihkan organ paru-paru, bisa dengan mengkonsumsi buah jeruk bali. Jeruk bali memang dikenal banyak memiliki manfaat untuk tubuh kita, karena zat-zat yang terkandung didalam jeruk bali dapat mencegah perkembangan sel kanker yang mungkin mengancam organ penting kita yaitu paru-paru. Kekayaan kandungan vitamin C yang ada di dalam buah jeruk bali akan bekerja menghambat kinerja dari enzim yang bisa mengaktifkan sel kanker di dalam paru-paru. Maka dari itu cobalah untuk mengkonsumsi buah jeruk bali agar paru-paru semakin bersih dan semakin sehat.

  1. Kunyit.

Tahukah kita bahwa rempah alami khas dari Indonesia yaitu kunyit merupakan jenis rempah yang sangat kaya akan manfaat sehat di dalamnya. Salah satunya adalah untuk membersihkan organ paru-paru. Untuk para perokok yang sudah mencoba untuk berhenti, bisa membersihkan organ paru-paru yang kotor dengan secara rutin mengkonsumsi kunyit ini. Didalam kunyit terdapat kandungan kurkumin yang akan berguna untuk membantu menurunkan risiko penyakit radang paru-paru serta membantu menghilangkan racun yang dapat memicu pertumbuhan kanker.

  1. Buah Berry.
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Beragam Manfaat Daun Tapak Liman Bagi Kesehatan

Selanjutnya bahan makanan yang dapat membantu membersihkan organ paru-paru adalah dari jenis buah-buahan. Buah berry dapat kita pilih untuk memberihkan kotoran di dalam organ paru-paru. Di dalam buah berry terdapat kandungan senyawa zeaxanthin, keroteinoid, flavonoid, dan juga lutein yang berguna untuk merawat kesehatan paru-paru. Didalam paru-paru yang kotor terdapat banyak kandungan karsinogen yang dapat dibersihkan dengan mengkonsumsi buah berry secara teratur. Buatlah jus segar dari bermacam buah berry atau bisa juga dengan memakannya secara langsung setiap hari.

  1. Jahe.

Untuk membersihkan organ paru-paru yang kotor, bisa mencoba memanfaatkan bahan alami jahe. Sebab jahe memiliki kandungan antiseptik serta anti bakteri yang bisa membantu melancarkan saluran bronkial. Sehingga untuk menghilangkan pengaruh buruk dari radikal bebas yang menyerang organ paru-paru bisa lebih maksimal lagi.

  1. Apel.

Selain memiliki rasa yang enak, manfaat di dalam buah apel juga sangat berguna untuk kesehatan tubuh terutama untuk membersihkan organ paru-paru. Buah apel mengandung flavonoid yang sangat tinggi sehingga akan membantu menurunkan risiko kanker paru-paru, khususnya untuk para perokok. Tidak hanya itu, di bagian kulit apel juga terkandung zat phytochemicals yang tinggi, sehingga sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah apel beserta kulitnya akan membantu mencegah masalah kanker usus.

  1. Jeruk.

Buah jeruk juga dapat dikonsumsi untuk membantu membersihkan organ paru-paru yang kotor. Tingginya kandungan vitamin C di dalam buah jeruk akan membantu mencegah gangguan pada paru-paru seperti peradangan dan kerusakan lainnya. Konsumsilah buah jeruk secara rutin juga akan membantu menghambat risiko pembengkakan di jaringan paru-paru.

  1. Pisang.

Konsumsilah buah pisang jika ingin memiliki paru-paru yang sehat. Disarankan untuk menikmati buah pisang di siang hari karena kandungan kalium pada buah pisang ini akan lebih cepat membantu proses pembersihan paru-paru dan organ tubuh lainnya.

  1. Teh Hijau.
Referensi Hidup Sehat Lainnya
Cara Mengobati Hidung tersumbat dengan Cepat dan Efektif

Jangan ragu untuk mengkonsumsi teh hijau setiap harinya untuk membantu menghilangkan kotoran di dalam organ paru-paru. Nikmati satu cangkir teh hijau sebelum tidur untuk lebih mendapatkan manfaatnya. Kandungan antioksidan dalam teh hijau tidak hanya bisa membersihkan organ paru-paru saja, akan tetapi ususpun dapat lebih bersih karenanya.

  1. Nanas.

Untuk membersihkan paru-paru dari zat nikotin yang sangat berbahaya, ternyata bisa dengan mengkonsumsi buah nanas. Itu karena buah yang satu ini kaya akan kandungan enzim bromelain. Enzim berfungsi untuk membersihkan paru-paru dengan baik, sehingga sangat disarankan untuk para perokok agar mengkonsumsi buah nanas.

  1. Anggur.

Buah anggur juga masuk kedalam daftar makanan yang bisa membantu membersihkan organ paru-paru terutama untuk para perokok. Tingginya kandungan vitamin dan juga mineral pada buah anggur akan sangat membantu tubuh mendapatkan paru-paru yang sehat.

Itulah 13 Makanan yang Bisa Membersihkan Organ Paru-Paru . Selain itu, bahan makanan lain seperti wortel, lemon dan masih banyak lagi lainnya juga bisa kita pilih untuk menjaga kebersihan organ paru-paru.

Check Also

Mengenal Khasiat Daun Lidah Ayam Untuk Kesehatan

Mengenal Khasiat Daun Lidah Ayam Untuk Kesehatan

Mengenal Khasiat Daun Lidah Ayam Untuk Kesehatan – Sering kita mendapati daun lidah ayam di depan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *