Home / Cantik dan Sehat Alami / 12 Cara Menghilangkan Jerawat Batu dengan Cepat dan Ampuh

12 Cara Menghilangkan Jerawat Batu dengan Cepat dan Ampuh

Masalah jerawat seringkali dialami oleh para remaja. Biasanya masalah ini membuat si penderita tidak nyaman dan percaya diri untuk menjalankan aktivitasnya. Jerawat biasanya akan hilang seiring dengan waktunya. Namun, jerawat membandel atau disebut dengan jerawat batu memiliki waktu yang lama untuk hilang. Bahkan, jika tidak ditreatment dengan benar jerawat batu akan semakin memburuk. Cara menghilangkan jerawat batu dapat dilakukan dengan beragam hal, contohnya dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Tidak hanya dengan bahan-bahan alami, jerawat batu juga dapat dihilangkan dengan laser dan cara yang lainnya. Untuk mengetahui detail cara menghilangkan jerawat batu, simaklah informasi menarik di bawah ini.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu
Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Beberapa Cara menghilangkan Jerawat Batu

  1. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai cara menghilangkan jerawat batu. Cara untuk mendapatkan manfaat lidah buaya adalah dengan mengupas kulit dari lidah buaya tersebut. Setelahnya, anda dapat mengoleskan gel yang dihasilkan dan membalurkannya diseluruh wajah. Jerawat batu pada wajah akan mengelupas dan mengering selama tiga hari. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukanlah pada pagi dan malam hari secara rutin.

  1. Pengunaan Jeruk Nipis

Jerawat batu yang mulai menghilang adalah salah satu manfaat jeruk nipis untuk kulit wajah, tentunya karena jeruk nipis memiliki vitamin C yang tinggi. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, anda hanya perlu rajin melakukan perawatan menggunakan jeruk nipis. Caranya hanya dengan mengoleskan cairan dari jeruk nipis pada wajah. Dan rasakan manfaatnya pada kulit wajah.

  1. Menggunakan Pepaya

Pepaya memiliki vitamin C yang tinggi dan berguna untuk kulit wajah dan bagian kulit lainnya. Hal yang perlu dilakukan hanyalah, membuat pepaya menjadi masker wajah. Cara membuat masker pepaya untuk wajah cukuplah mudah, hanya dengan membuat pepaya menjadi pasta. Kemudian pasta tersebut campurkan dengan air dan masker pepaya siap untuk digunakan. Walaupun wajah sudah bersih dari jerawat yang membandel, anda tetap dapat menggunakan masker pepaya. Tentunya untuk menjaga kesehatan kulit wajah anda.

  1. Es Batu

Biasanya es batu hanya dijadikan sebagai pelengkap pada minuman. Namun, manfaat es batu untuk wajah pun tidak dapat dikesampingkan. Karena hanya dengan mengopreskan es batu pada jerawat dapat mengurangi peradangan pada jerawat dan menyembuhkan secara perlahan. Selain itu, es batu juga akan membantu untuk mengurangi pembengkakan pada area sekitar jerawat.

  1. Madu

Seperti yang banyak diketahui, madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk kesehatan kulit wajah. Banyak produk kecantikan yang menggunakan madu sebagai bahan utama dari produknya. Salah satu manfaat madu untuk wajah adalah mempercepat proses penyembuhan pada jerawat dan juga membantu menghilangkan jerawat batu.

  1. Bawang Putih

Pada dasarnya cara menghilangkan jerawat batu hampir sama dengan cara menghilangkan jerawat biasa. Perbedaannya hanya terdapat pada seberapa lama, perawatan tersebut dilakukan. Termasuk bila anda ingin menghilangkan jerawat batu dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih dapat digunakan dengan cara mengoleskannya pada bagian yang ditumbuhi yang jerawat.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Kandungan Produk perawatan wajah berjerawat sesuai dengan Jenis Jerawatnya

Setelahnya, tunggu selama beberapa menit, kemudian bilas. Bawang putih memiliki antioksidan yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu membunuh bakteri yang ada pada jerawat. Oleh karenanya, bawang putih pun sering digunakan sebagai pilihan untuk menghilangkan jerawat.

  1. Menguap Wajah

Jerawat batu ataupun jerawat biasa, biasanya terjadi karena minyak yang berlebihan pada wajah. Untuk menghilangkannya banyak perempuan di Eropa melakukan penguapan wajah. Cara menghilangkan jerawat batu dengan penguapan wajah adalah cara yang mudah untuk dilakukan. Cukup menyiapkan air hangat, diamkan posisikan wajah di atas air selama beberapa menit dan kemudian cuci wajah dengan air dingin. Cara ini berfungsi untuk membuka pori yang menyimpan minyak berlebihan dan mengeluarkannya. Sehingga jerawat akan hilang dan dapat mencegah jerawat timbul kembali.

  1. Mengkudu

Mengkudu adalah salah satu tanaman obat yang mudah untuk ditemui. Tidak hanya mudah ditemui, rupanya tanaman ini memiliki banyak manfaat, termasuk kesehatan kulit wajah. Kulit wajah biasanya menjadi tempat sasaran tersering dari tumbuhnya jerawat batu. Namun tidak perlu khawatir, karena mengkudu yang memiliki antioksidan tinggi akan membantu penyembuhan dari jerawat.

Caranya, dengan membuat mengkudu menjadi pasta. Setelahnya, bubuhkan pasta mengkudu pada jerawat, tunggu beberapa menit. Kemudian bilas dengan air bersih dan untuk mendapatkan hasil yang terbaik lakukan perawatan pasta mengkudu ini dengan secara rutin. Sehingga jerawat dapat sembuh dengan cepat.

  1. Laser

Tidak hanya cara alami yang ditempuh untuk mendapatkan wajah yang bebas dari jerawat. Karena banyak pula orang yang memilih menggunakan cara laser ketimbang cara alami. Cara menghilangkan jerawat batu dengan teknik ini banyak menjadi pilihan para perempuan. Karena laser, tidak akan meninggalkan bekas pada wajah.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Secara Alami

Namun untuk mendapatkan hasil terbaik dari penggunaan laser, sebaiknya anda menghubungi klinik kecantikan yang memilki ahli dalam penggunaan laser tersebut. Sehingga tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan menimpa kulit wajah anda.

  1. Tanaman mahkota Dewa

Walaupun banyak orang yang mengatakan bahwa mahkota dewa memiliki rasa yang pahit, namun di dalamnya memiliki manfaat yang beragam. Mahkota dewa dapat membantu untuk menghilangkan jerawat batu, karena memiliki khasiat anti peradangan dan anti iritasi. Tidak hanya itu, mahkota dewa adalah salah satu herbal yang dapat dijadikan treatment pada kulit berjerawat dan berminyak. Cara menggunakan mahkota dewa untuk menyembuhkan jerawat pun tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu menumbuk atau menghaluskan mahkota dewa tersebut, kemudian letakkan ramuan tersebut pada bagian yang berjerawat.

  1. Perbanyak Konsumsi Buah dan sayur

Mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin akan membantu menghilangkan jerawat. Tidak hanya menghilangkan jerawat batu, vitamin yang banyak dihasilkan oleh sayur dan buah tersebut dapat membantu pencegahan jerawat muncul kembali. Bila jerawat sudah terlanjur muncul dan menimbulkan bekas, memperbanyak konsumsi buah dan sayur dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat secara alami. Contoh buah dan sayuran yang membantu pencegahan jerawat batu, seperti tomat, wortel, jeruk serta sayuran berdaun hijau.

  1. Perawatan Jerawat Batu dari Dalam

Perawatan pada jerawat batu tidak hanya dapat dilakukan dari luar, tetapi dapat dilakukan dari dalam. Kebanyakan jerawat muncul karena adanya beban pikiran yang berat atau stress. Untuk membantu mencegahnya munculnya jerawat dari dalam, usahakan pikiran tetap terbuka dan fresh. Bila beban pikiran mulai menekan, usahakan untuk melepaskannya pada hal yang positif, sehingga jerawat tidak muncul dan memenuhi wajah anda.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Bahaya Kolesterol yang wajib kita ketahui

Baik menggunakan cara alami ataupun cara lain (obat-obatan ataupun laser), dapat ditempuh sebagai cara menghilangkan jerawat batu. Karena yang terpenting adalah jerawat tersebut dapat hilang dan tidak meninggalkan bekas pada wajah. Namun, sedikit saran alangkah lebih baiknya gunakan terlebih dahulu cara-cara alami, sehingga kesehatan kulit wajah dapat tetap terjaga. Bila sudah melakukannya dan tidak mendapatkan hasil positif, barulah untuk mencoba cara yang lain.

Check Also

Menjaga Kulit Muka Tetap Awet Muda

Cara Menjaga Kulit Muka Tetap Awet Muda Tanpa Keriput

Cara Menjaga Kulit Muka Tetap Awet Muda Tanpa Keriput Dengan bertambahnya usia tentu cara menjaga kulit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *