10 Fakta dan Data tentang Kanker Paru-paru

ReferensiKesehatan.Com, 10 Fakta dan Data tentang Kanker Paru-paru – Apakah anda tahu bahwa kanker paru-paru merupakan penyakit kanker yang merupakan pembunuh nomor satu di seluruh dunia.

Fakta dan Data tentang Kanker Paru-paru
Kanker paru-paru adalah pembunuh nomor 1 di dunia

Kanker paru-paru ini dominan diderita oleh orang dengan kebiasaan merokok dan termasuk satu dari tiga jenis kanker yang paling banyak terjadi di Indonesia.

Meskipun banyak penderita kanker paru-paru yang perokok, yang bukan perokok juga sangat mungkin kena kanker yang satu ini, khususnya orang yang sering terpapar zat kimia saat bekerja, atau bisa juga karena menjadi perokok pasif, kena asap rokok dari orang lain.

Gejala Kanker Paru-Paru

Kanker Paru-paru ini sebaikanya diketahui sejak awal, karena akan mempengaruhi tingkat keberhasilan pengobatannya. Tapi kanker paru-paru seringkali muncul dan tidak ada gejala di tahap awal.

Gejala Kanker Paru-paru ini akan muncul saat tumor di paru-paru sudah cukup besar atau boleh dikatakan kanker sudah menyebar ke jaringan dan organ sekitar.

Gejala yang sering dirasakan penderita kanker paru-paru

  • Batuk kronis seperti menahun
  • Sering Batuk darah
  • Berat badan turun drastis
  • Merasakan nyeri di dada dan tulang
  • Sering sesak napas

10 Fakta dan Data tentang Kanker Paru-paru

1. Kanker paru-paru merupakan pembunuh nomor 1 di dunia

Diantara penyakit kanker yang ada di dunia, kanker paru-paru merupakan kanker dengan tingkat kematian tertinggi di dunia, baik untuk pria dan wanita.

Hampir 1.7 juta orang meninggal karena kenker paru-paru. DI Amerika setiap menit ditemukan 2-3 kasus baru.

2. Mayoritas penderita adalah perokok

Sekitar 90% penderita kanker paru-paru adalah perokok ataupun mantan perokok. Memang tidak semua perokok menderita kanker paru-paru dan tidak semua penderita kanker paru-paru adalah perokok.

Sekitar 90% penderita kanker paru-paru adalah perokok
Sekitar 90% penderita kanker paru-paru adalah perokok

Tetapi dapat dipastikan bahwa 9 dari 10 penyebab kanker paru-paru adalah rokok. Semakin sering anda merokok, semakin lama anda merokok, maka semakin besar kemungkinan untuk terkena kanker paru-paru.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Fakta Tentang Virus Corona, Penyebab, Gejala, Pencegahan, dan Kapan Harus Segera ke Rumah Sakit

3. Ada 2 Jenis kanker paru-paru

Ada 2 jenis kanker paru-paru yaitu Kanker paru paru dengan sel kanker kecil dan kanker paru-paru dengan sel kanker tidak kecil (non-small).  Klasifikasinya tergantung dari penampakan mikroskopis dari sel tumor itu sendiri, terutama ukuran sel kanker tersebut.

Kedua jenis kanker ini tumbuh dan berkembang dengan cara yang berbeda dan penanganannya pun berbeda. Jadi mengetahui jenis kanker tersebut adalah hal yang sangat penting.

4. Ada 4 stadium kanker paru-paru

Stadium kanker paru-paru di golongkan menjadi  4 tahap yaitu T1, T2, T3, dan T4. Penggolongan berdasarkan banyaknya tumor, ukuran tumor, penyebarannya. Karena dalam kasus yang parah, kanker bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain di sekitar paru-paru.

5. Gejala kadang tidak terdeteksi

Kebanyakan penderita kanker paru-paru pada stadim awal tidak menyadari kehadiran kanker pada dirinya karena gejala awal yang tidak terlihat dan tidak terlalu mengganggu aktifitas sehari hari.

Kadang baru diketahui jika kanker sudah pada stadium lanjut atau diketahui kebetulan pada saat melakukan pemeriksaan rontgen atau CT-Scan.

6. Biasanya menyerang orang yang sudah berumur

Dari hasil statistic ditemukan bahwa 70% penderita kanker paru-paru adalah orang yang berusia diatas 65 tahun. Hal ini dikarenakan kanker tersebut biasanya baru di ketahui pada stadium 3 dan 4. Hanya 3 persen yang ditemukan pada orang yang berusia dibawah 45 tahun.

7. Kadang disangka penyakit TB

Karena gejala kanker paru-paru pada stadium awal agak susah di deteksi kecuali dengan pemeriksaan rontgen atau city-scan, Biasanya keluhan dari penderita seperti pada penyakit TBC yaitu batuk yang berkepanjangan, baruk berdarah, nyeri pada dada atau sesak nafas.

Tanpa pemeriksaan lanjutan kadang disangka penyakit TB.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Macam – Macam Penyakit Kanker Berbahaya

8. Belum ada obatnya

Sampai saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan 100 persen, bagaimanapun riset terbaru menunjukan adalah mungkin bagi orang yang menderita kanker paru-paru bisa bertahan hidup dengan penyakitnya dan melakukan perawatan seperti orang yang kena kanker kronis.

9. Tingkat Harapan hidup rendah

Kanker paru-paru memiliki harapan hidup yang paling rendah diantara penyakit kanker yang lain yaitu 19%, sementara kanker prostat 99%, kanker payudara 89%, kanker anus 65%. Tingkat kematian di Amerika serikat karena kanker paru-paru adalah 433 orang setiap hari.

10. Jumlah penderita kanker paru-paru terus bertambah

Seiring dengan jumlah perokok yang semakin hari semakin banyak, Jumlah penderita kanker paru-paru pun semakin hari semakin meningkat. Hal ini tentu saja sangat menghawatirkan.

Itulah informasi tentang 10 Fakta dan Data tentang Kanker Paru-paru, semoga bisa menambah wawasan kita dan semoga bermanfaat bagi kita sehingga bisa mencegah lebih dini kanker paru-paru ini.

Salam Sehat Selalu

Check Also

Makanan Konsumsi Sehari-hari yang Menyebabkan Kanker

Makanan Konsumsi Sehari-hari yang Menyebabkan Kanker

Makanan Konsumsi Sehari-hari yang Menyebabkan Kanker Makanan Konsumsi Sehari-hari yang Menyebabkan Kanker – Terdapat beberapa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *