Home / Pengobatan Alami / 10 Cara Agar Sakit Demam Cepat Turun Pada Anak

10 Cara Agar Sakit Demam Cepat Turun Pada Anak

10 Cara Agar Sakit Demam Cepat Turun Pada Anak

Sebagai seorang ibu pasti akan sangat khawatir jika anak mulai demam, sehingga banyak cara agar sakit demam cepat sembuh dilakukan oleh para ibu. Sebenarnya panas yang terjadi pada anak disebabkan karena adanya reaksi tubuh anak yang terjangkit infeksi. Jika anak mengalami demam, maka bisa dikatakan sistem kekebalan tubuh pada anak Anda bekerja dengan optimal dengan mengirimkan sinyal panas pada otak. Di samping itu, saat badan anak Anda demam maka seluruh sel – sel darah putih di dalam tubuh akan bekerja dalam melawan bakteri, virus dan sumber infeksi lainnya yang menyebabkan tubuh menjadi sakit.

Demam yang terjadi pada anak biasanya akan meningkat saat malam hari dan setelah bangun tidur. Namun sebagai orang tua Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa Cara Agar Sakit Demam Cepat Turun Pada Anak.

Cara Agar Sakit Demam Cepat Turun Pada Anak

Buat suasana yang nyaman dan dingin pada kamar anak

Cara Agar Sakit Demam Cepat Turun Pada Anak yang pertama Anda lakukan adalah dengan mengontrol agar kamar anak menjadi sangat nyaman. Anda bisa mengatur suhu ruangan agar tidak terlalu dingin atau panas. Sebenarnya, suhu tubuh anak sangat membutuhkan suhu luar yang sangat nyaman. Selebihnya suhu yan terlalu dingin akan membuat tubuh anak Anda semakin menggigil. Sedangkan, suhu ruangan yang terlalu panas juga membuat demam tidak kunjung turun. Jadi penyesuaian suhu ruangan memang sangat diperlukan dan harus dilakukan.

Berikan pakaian yang nyaman dan tipis

Kebanyakan anak – anak yang mengalami demam akan lebih merasa kedinginan dam menggigil. Hal itu menyebabkan banyak dari pada ibu yang lebih memberikan pakaian tebal untuk menghindari anak kedinginan. Sebenarnya, cara tersebut bukanlah cara agar sakit demam bisa cepat turun. Perlu Anda ketahui pakaian yang dikenakan oleh anak Anda bisa mengeluarkan suhu panas pada tubuh mereka. Jadi Anda bisa memberikan celana pendek saja. Setelah itu, tetap pantau perkembangannya apakah panasnya meninggi atau malah turun.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Tips Memilih Produk untuk Kulit Berjerawat yang Tepat

Hindari penggunaan selimut tebal pada anak

Sama halnya dengan pakaian, memberikan selimut yang tebal pada anak bukanlah Cara Agar Sakit Demam Cepat Turun Pada Anak yang baik. Sebenarnya, selimut yang tebal bisa menyebabkan suhu tubuh yang panas akan tetap bertahan lebih lama.  Sehingga aktivitas tubuh bekerja melawan infeksi tidak bisa bekerja dengan optimal. Maka dari itu, penggunaan selimut yang tipis bisa Anda gunakan untuk menutupi tubuh Anda. Usahakan anak tetap nyaman dan tidak merasa kedinginan.

Memberikan minuman

Dehidrasi biasanya terjadi saat anak mengalami demam. Untuk menghindari agar tidak terjadi dehidrasi maka memberikan cairan pada anak adalah solusi terbaik. Anda bisa memberikan air mineral, ASI ataupun susu formula. Perlu Anda ketahui, menjaga agar anak tidak sampai dehidrasi saat demam adalah cara agar sakit demam bisa cepat turun. Di samping itu, cairan tubuh akan membantu dalam melawan bakteri atau infeksi yang menjadi salah satu sumber penyakit. Bagi anak Anda yang masih bayi, memberikan ASI setiap 10 menit sekali wajib dilakukan. Dehidrasi yang terjadi pada anak bisa dilihat dari urin anak yang sedikit dan panas tubuh yang semakin tinggi.

Mengatur sirkulasi udara di dalam kamar anak

Cara agar sakit demam bisa turun adalah dengan mengatur sirkulasi udara pada kamar anak Anda. Anda bisa memanfaatkan jendela pada kamar anak Anda, jika tidak ada pendingin ruangan atau AC. Membuka jendela saat siang hari adalah hal yang bagus agar udara yang segar bisa masuk ke dalam kamar. Selain itu, udara yang segar bisa membuat tubuh anak Anda menjadi lebih nyaman. Namun yang perlu Anda perhatikan adalah jangan membiarkan udara yang masuk terlalu banyak.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Resep Ramuan Obat Tradisional Kanker Rahim

Buat anak Anda berendam pada air

Kebanyakan dari orang tua akan menghindarkan anak mandi dengan air. Sebab menyentuh air saja bisa membuat anak kedinginan dan menggigil. Sebenarnya, merendam anak yang sedang demam adalah cara agar sakit demam bisa hilang. Sebab air akan membantu menguapkan suhu panas pada tubuh anak Anda. Sehingga panas akan turun secara alami. Saat merendam anak Anda perhatikan juga suhu tubuhnya, jika dirasa suhu tubuh sudah mulai turun secepatnya angkat anak Anda dan keringkan dengan handuk.

Kompres kepala anak Anda dengan air

Anda juga bisa mengompres kepala anak Anda menggunakan air. Air yang nantinya bercampur dengan keringat akan membantu menurunkan demam pada anak. Air akan membantu menyerap panas dan mendinginkan tubuh. Bisa dikatakan mengompres adalah cara agar sakit demam bisa cepat turun. Anda bisa menggunakan air dengan suhu sedang, jadi tidak terlalu panas atau dingin. Gunakan handuk yang lembut saat pengompresan. Anda juga bisa mengompres bagian ketiak anak Anda. Tidak disarankan dalam penggunaan es batu saat mengompres sebab bisa memperparah keadaan.

Banyak beristirahat

Jangan pernah membiarkan anak melakukan aktivitas di luar ruangan saat demam. Cara Agar Sakit Demam Cepat Turun Pada Anak adalah dengan membuat anak lebih banyak istirahat atau tidur. Tidur akan membantu menurunkan suhu tubuh lebih baik dibandingkan dengan ketika anak terjaga. Namun, banyak anak yang tidak bisa tidur saat demam. Maka dari membuat tempat tidur yang nyaman dan selalu menjaganya adalah cara yang terbaik. Infeksi akan cepat dipulihkan saat anak tertidur atau beristirahat. Dan yang perlu Anda ingat adalah jaga asupan kebutuhan makan dan minum anak Anda. Bila perlu bangunkan anak Anda saat tidur terlalu lama untuk memberikan cairan dalam tubuh. Jangan sampai anak Anda kekurangan cairan atau makan karena terlalu lama tidur.

Referensi Hidup Sehat Lainnya
Tahan Lama Di Ranjang Dengan Cara Sehat

Menggunakan bawang merah dan minyak kelapa

Cara agar sakit demam bisa cepat turun juga bisa dilakukan dengan mengusapkan bawang merah. Bawang merah sendiri memiliki senyawa aktif yang bisa membantu menyerap suhu panas pada anak, menghilangkan rasa sakit sekaligus membuat anak tidur lebih nyenyak. Cara menggunakannya cukup dengan melumat bawang merah hingga halus. Kemudian campurkan minyak kelapa ke dalamnya. Gunakan ramuan tadi dengan mengoleskannya pada badan anak Anda. Hindari daerah sekitar mata sebab bawang merah memiliki efek yang panas dan pedas. Langkah terakhir usap dengan handuk halus agar tubuh anak semakin nyaman.

Berikan obat penurun demam pada anak

Apabila beberapa cara yang telah Anda lakukan baik secara alami untuk menurunkan panas pada anak belum berhasil, Anda bisa memberikan obat penurun panas. Obat penurun panas yang diberikan bisa berasal dari resep dokter atau obat yang sudah dijual di apotik. Namun lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter anak agar pengobatan demam bisa dilakukan dengan maksimal. Obat penurun panas sendiri bisa diberikan apabila kondisi anak Anda benar – benar sudah menurun dan tidak ada cara alami lagi yang bisa Anda lakukan. Pemberian obat penurun panas adalah Cara Agar Sakit Demam Cepat Turun Pada Anak dan solusi terakhir Anda.

Paling Banyak Dicari:

Check Also

Cara Alami untuk Mengobati Pusing dengan Cepat

Cara Alami untuk Mengobati Pusing dengan Cepat

Cara Alami untuk Mengobati Pusing dengan Cepat Cara Alami untuk Mengobati Pusing dengan Cepat – …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *